Gaya HidupInspirasiTren Fashion Terbaru

Program Diet Makan Sehat saat Puasa yang Wajib Diketahui

8 Program Diet Makan Sehat saat Puasa yang Wajib Diketahui

Datangnya bulan suci Ramadhan, disambut dengan suka cita oleh umat muslim. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti sebab ibadah yang dilakukan setiap muslim di bulan tersebut akan dilipat gandakan pahalanya. Selain itu, di bulan suci Ramadhan juga mewajibkan setiap muslim untuk menjalankan ibadah puasa yang dilakukan dengan menahan makan minum serta hawa nafsu dalam waktu yang telah ditentukan. Itulah sebabnya ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang disukai para pelaku diet makan sehat. Sebab, pola makannya dapat terjaga dengan baik. Namun, dalam menjalankan ibadah puasa sekaligus menjalankan program diet, seseorang harus mengetahui tips diet makan sehat saat puasa. Namun sebelum itu, yuk kita intip terlebih dahulu alasan seseorang menjalankan program diet.

Baca Juga: Protokol Persiapan Puasa Sebelum Operasi Caesar

Kenapa Seseorang Melakukan Diet?

Terdapat banyak alasan kenapa seseorang ingin menjalankan program diet. Termasuk menjalankan program diet di bulan puasa dengan makan makanan sehat serta menjalankan pola hidup sehat yang lainnya. Salah satu alasan yang membuatnya melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan. Berat badan yang tidak ideal umumnya diatasi dengan menjalankan diet sehat. Selain itu, pengurangan kolesterol jahat di dalam tubuh juga dapat diatasi dengan menjalankan program diet. 

Selain itu, diet umumnya dilakukan oleh orang-orang penderita obesitas atau berat badan berlebih. Di mana, obesitas sendiri merupakan salah satu kondisi yang dapat membahayakan kesehatan seseorang. Bahkan, obesitas dapat mendatangkan penyakit lain atau membuat si penderita lebih mudah terserang penyakit lainnya. Oleh sebab itu, tujuan penyembuhan serta target-target kesehatan itulah yang biasanya menjadi alasan utama kenapa seseorang melakukan diet.

Nah, sedangkan untuk diet saat puasa, bisa dilakukan dengan menjalankan tips diet makan sehat saat puasa. Namun, pertanyaannya adalah, bolehkah menjalankan program diet saat seseorang juga sedang menjalankan ibadah puasa? Berikut pembahasannya.

Bolehkah Menjalankan Diet saat Berpuasa?

Jika beberapa orang berpendapat bahwa saat puasa itu artinya tidak boleh melakukan diet sebab membutuhkan banyak asupan nutrisi usai berbuka sampai sahur, maka jawaban tersebut kurang tepat. Sebab, meskipun berpuasa, seseorang masih bisa menjalankan program dietnya asalkan diet yang dilakukan merupakan diet sehat atau sesuai dengan anjuran kesehatan. 

Justru di bulan suci Ramadhan merupakan momen tepat untuk dilakukan para pejuang diet sehat untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Kenapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena di bulan Ramadhan tentu setiap muslim menjalankan ibadah puasa. Nah, berpuasa sendiri merupakan aktivitas yang sangat mendukung lancarnya program diet terutama dapat membuat berat badan menjadi normal secara efektif. 

Hal tersebut dapat didukung dengan menjalankan tips diet makan sehat saat puasa. Oleh sebab itu, tentu saat berpuasa masih diperbolehkan melanjutkan program diet yang menjadi planning seseorang untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya. 

Justru, yang perlu dipertanyakan adalah, siapkah seseorang menjalankan diet makan sehat di bulan Ramadhan? Mengingat ketika memasuki waktu berbuka, akan terdapat banyak sekali godaan makanan lezat yang umumnya masuk kategori makanan yang kurang dianjurkan dalam program diet namun tidak diketahui oleh orang yang sedang melakukan diet tersebut.

Oleh sebab itu, untuk melancarkan program diet makan sehat saat puasa, maka lakukan tips diet makan sehat saat berpuasa berikut sehingga tidak salah pilih dalam menyantap menu berbuka yang beraneka ragam maupun menu sahur. Dengan demikian, program diet yang dijalankan saat berpuasa tetap berjalan dengan lancar.

8 Tips Diet Makan Sehat saat Puasa

Demi lancarnya program diet sehat saat berpuasa, perhatikan tips-tips di bawah ini.

1. Hindari makan produk-produk olahan

Makanan Kemasan - Diet Makan Sehat

Kenapa seseorang yang sedang menjalankan program diet dianjurkan untuk menghindari makanan olahan atau makanan instan maupun junk food, hal tersebut dikarenakan produk olahan tersebut umumnya mengandung MSG, sodium, pemanis buatan, dan lemak jenuh. Meskipun rasanya terkenal enak dan bikin ketagihan, namun kandungan yang ada di dalamnya tidak cocok untuk dijadikan menu program diet yang dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. 

Alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti menu-menu produk olahan dengan memasak makanan sendiri dengan cara ditumis, direbus, maupun dipanggang dan menambahkan bumbu olahan sendiri serta tidak menambahkan penyedap maupun produk instan lainnya.

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang saat berbuka

Makanan Gizi Seimbang - Diet Makan Sehat

Tips diet makan sehat saat puasa selanjutnya adalah dengan makan makanan yang mengandung gizi seimbang saat berbuka puasa. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah gandum utuh sebagai salah satu makanan yang menyediakan karbohidrat dan baik untuk kesehatan.

Termasuk baik untuk program diet saat berpuasa. Selain itu, konsumsi makanan yang memberikan fungsi sebagai sumber energi seperti ikan salmon, alpukat, dan makanan yang mengandung protein. Jangan lupa lengkapi dengan konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur hijau. Sebab, dengan mengonsumsi makanan berserat biasanya dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mencegah seseorang untuk ingin makan ini serta itu sehingga sangat cocok untuk program diet.

3. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang saat sahur

Makanan Gizi - Makan Diet Sehat

Selain berbuka, konsumsi makanan dengan gizi seimbang juga harus dilakukan saat seseorang makan sahur. Pasalnya, banyak yang salah kaprah bahwa ketika diet, maka sebaiknya sedikit makan di waktu sahur atau hanya minum saja bahkan ada yang tidak sahur sama sekali. Padahal, selain disunnahkan, makan makanan di waktu sahur justru menjadi salah satu pendukung program diet saat puasa. Namun dengan catatan, makanan yang dikonsumsi juga makanan yang mengandung gizi semimbang.

4. Hindari makanan dan minuman manis

Hindari Makanan Manis - Makan Diet Sehat

Terdapat tips diet makan sehat saat puasa lainnya yaitu dengan menghindari makanan serta minuman yang manis dalam porsi yang terlalu banyak. Meskipun benar adanya bahwa makanan dan minuman manis mampu mengisi energi di dalam yang hilang, namun jika makanan dan minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, maka justru dapat merusak program diet yang dilakukan. Sebab, dengan mengonsumsi makanan manis, biasanya membuat seseorang ingin menambah lagi dan lagi dan ujung-ujungnya akan semakin menambah berat badan tubuh orang tersebut.

5. Hindari makan berlebih saat berbuka puasa

Makan Berlebihan - Makan Diet Sehat

Melihat banyaknya jenis-jenis hidangan berbuka, baik yang disediakan di rumah maupun yang dijual di sepanjang jalan, biasanya memicu seseorang untuk menyantap makanan-makanan yang ia lihat saat berbuka. 

Itulah sebabnya tadi dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang membuat perut menjadi cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Sebab, jika tidak demikian, maka orang tersebut pasti akan tergoda dengan banyaknya makanan yang tersedia dan tanpa mengingat program diet yang sedang dijalankan, langsung menghabiskan semuanya. Kondisi ini tentu dapat memicu gagalnya diet makan sehat saat berpuasa.

6. Hindari makanan berminyak

Hindari Makanan Berminyak - Makan Diet Sehat

Tips lain yang harus dilakukan adalah dengan sebisa mungkin menghindari makanan berminyak. Makanan berminyak umumnya mengandung lemak jenuh yang memicu munculnya kolesterol jahat dan menyebabkan melonjaknya berat badan. Jadi, jika ingin program diet makan sehat yang dilakukan berhasil, maka hindari makanan yang berminyak.

7. Perbanyak minum air putih

Minum Air Putih - Makan Diet Sehat

Selain beberapa saran diatas, tips diet makan sehat saat puasa selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini guna menghindari terjadinya dehidrasi saat berpuasa. Tips minum air putih saat diet di bulan puasa juga sama dengan orang lain yang tidak menjalankan program diet. Yakni saat berbuka puasa, setelah solat, sebelum tidur, saat masuk waktu sahur, dan sebelum masuk waktu imsak. Dengan demikian, cairan tubuh tidak akan kurang dan berat badan tetap terkontrol dalam keadaan sehat.

8. Hindari konsumsi cemilan saat berbuka puasa

Hindari Cemilan - Makan Diet Sehat

Bagi yang menjalankan ibadah puasa, saat masuk waktu berbuka pasti selalu ingin makan, makan, dan makan. Terutama memburu makanan ringan atau cemilan hingga memasuki waktu tarawih atau bahkan setelah sholat tarawih. Padahal, mengkonsumsi cemilan yang terlalu banyak kurang baik bagi kesehatan terlebih bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet makan sehat. 

Hal tersebut dikarenakan cemilan atau makanan ringan yang biasa dikonsumsi mengandung zat kurang baik untuk tubuh yang bisa juga memicu meningkatnya berat badan. Oleh sebab itu, beralihlah dengan makan makanan sehat seperti salad atau lainnya sebagai pengganti makanan ringan yang kurang sehat tersebut.

Baca Juga: Tips Agar Puasa Lancar dari Perspektif Kesehatan

Nah, itulah pembahasan-pembahasan berkaitan dengan diet dan puasa sekaligus dilengkapi dengan pembahasan tips diet makan sehat saat puasa. Semoga bermanfaat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup