Gaya HidupInspirasi

Mengenal Pengertian Bisnis Hingga Jenisnya Secara Sederhana

4 Pengertian Bisnis Hingga Jenisnya Secara Sederhana

Bisnis adalah salah satu kegiatan yang hampir setiap orang lakukan. Bisa dilakukan perorangan maupun secara berkelompok. Dari berbisnis orang bisa menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian bisnis memang terkadang masih sedikit membingungkan bagi sebagian orang. Agar bisa mengerti bisnis mulai dari pengertiannya hingga manfaatnya mari simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Merk Sepatu Wanita Terkenal untuk Tampilan Trendy

Pengertian Bisnis Secara Umum

Pengertian Bisnis Secara Umum

Seperti yang sudah disinggung sedikit tadi di awal. Pengertian bisnis adalah salah satu kegiatan atau aktivitas yang hampir semua orang lakukan baik secara individu atau kelompok. Dalam prosesnya ada pembuatan, jual dan beli, serta pertukaran barang dan jasa yang tujuannya adalah memperoleh keuntungan. 

Kata bisnis sendiri diambil dari bahasa asing yakni business yang artinya adalah kesibukan. Tujuan dari melakukan kesibukan itu adalah mencari profit atau keuntungan. Pengertian bisnis sendiri masih terbagi lagi menjadi tiga.

Pengertian bisnis yang pertama ada badan usaha. Jadi bisnis diartikan sebagai cara atau teknis untuk mendapatkan laba. Lalu yang kedua adalah sektor pasar yang dimaksud di sini bisnis merupakan sektor pasar misalnya pasar modal. Untuk pengertian yang ketiga, bisnis merupakan kegiatan pada suatu komunitas penyedia barang maupun jasa.

Arti Bisnis Menurut Para Ahli dan Fungsi Bisnis

Arti Bisnis Menurut Para Ahli dan Fungsi Bisnis - Pengertian Bisnis

Ada beberapa pengertian bisnis yang dilihat dari para ahli. Pertama dari L.R Dickese, dimana bisanis merupakan kegiatan yang dilakukan karena ada satu tujuan yaitu mendapatkan profit untuk yang melakukannya. Sementara Menurut Mc Naughton, Pengertian bisnis merupakan aktivitas tukar menukar barang, uang, maupun jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan bagi dua pihak yang melakukan. Pada intinya 

Jika dilihat dari pengertian bisnis di atas, maka ada beberapa fungsi yang ada pada bisnis itu sendiri. Pertama adalah fungsi produksi, distribusi, penjualan, dan pemasaran. Bagaimana maksudnya?

1. Fungsi produksi

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, Pengertian bisnis adalah salah satu kegiatan atau aktivitas yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para pelaku bisnis. 

Agar kegiatan berbisnis bisa terlaksana maka fungsi produksi harus terpenuhi. Fungsi produksi adalah fungsi dalam menghasilkan atau mengadakan barang maupun jasa yang masyarakat butuhkan.

2. Fungsi Distribusi

Jika fungsi produksi sudah terpenuhi maka selanjutnya ada fungsi distribusi yakni pendistribusian barang maupun jasa yang telah diadakan ke tempat atau lokasi yang nanti bisa dijangkau dan diketahui para calon konsumen.

3. Fungsi Penjualan

Fungsi selanjutnya adalah fungsi penjualan. Fungsi bisnis yang muncul saat produsen atau pemilik barang dan jasa melakukan penjualan barang atau jasa itu tadi pada konsumennya. Konsumen yang membeli tentu masyarakat yang membutuhkan barang atau jasa yang dihasilkan.

4. Fungsi Pemasaran

Selain fungsi penjualan ada juga fungsi pemasaran. Dimana fungsi ini berhubungan dengan penyimpanan serta pemasaran barang maupun jasa dalam jangka waktu tertentu. Pemasaran akan dilakukan saat permintaan suatu barang atau jasa sedang tinggi di pasar. Barang yang tidak terlalu dibutuhkan di simpan. Begitu seterusnya, hingga produsen bisa mendapatkan untung yang diinginkan.

Tujuan Bisnis

Tujuan Bisnis - Pengertian Bisnis

Setelah mengetahui pengertian bisnis, selain fungsi ada pula tujuan dari bisnis itu sendiri yang bisa diperoleh. Tujuan utama dari melakukan bisnis tentu mendapatkan profit, laba, atau keuntungan. Hal itu didapatkan dari barang atau jasa yang dijual kepada para konsumen. Selain tujuan utama pada bisnis juga ada tujuan lain seperti:

  • Memenuhi kebutuhan barang maupun jasa bagi masyarakat
  • Membuat pemilik bisnis jadi lebih sejahtera
  • Menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat
  • Pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat
  • Memperlihatkan sebuah kinerja
  • Memperlihatkan perusahaan yang eksis dalam jangka waktu panjang

Jenis-Jenis Bisnis

Jenis-Jenis Bisnis - Pengertian Bisnis

Bisnis ini sendiri jenisnya ada banyak. Namun cara membedakannya dilihat dari dua garis besar yaitu berdasarkan kegiatan bisnis itu sendiri dan berdasarkan kegunaannya. Agar bisa lebih mengerti mari simak ulasan jenis bisnis berikut ini.

1. Jenis Bisnis Berdasarkan Aktivitasnya

Bisnis jika dilihat dari aktivitas atau kegiatannya masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa macam. Lebih tepatnya ada empat jenis atau macam bisnis yang dilihat berdasarkan kegiatannya.

  • Bisnis Ekstraktif

Jenis bisni yang pertama ini adalah bisnis yang merupakan kegiatan bisnis yang bergerak pada dunia pertambangan. Jadi pengadaan barangnya dilakukan dengan menggali barang tambang yang letaknya di dalam perut bumi.

Indonesia sendiri memiliki kekayaan alam yang masuk pada bisnis ekstraktif seperti batu bara, emas, minyak, dan masih banyak lagi. Nilai jual dari barang bisnis ekstraktif ini cukup tinggi sehingga bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

  • Bisnis Agraris

Mengengar istilah agraris tentu sudah tidak asing lagi bukan. Bisnis jenis ini tentu bergerak dalam bidang perkebunan, peternakan, perikanan, maupun pertanian. Di Indonesia bisnis agraris pun juga berkembang dengan baik karena masyarakat dari dulu mengandalkan bisnis jenis ini untuk bertahan hidup. Ada bisnis agraris tingkat perorangan hingga perusahaan besar.

  • Bisnis Industri

Bagi masyarakat awam, biasanya pengertian bisnis diartikan sebagai industry. Padahal industri masuk dalam jenis bisnis itu sendiri. Ada industri pesawat terbang, mebel, kertas, dan masih banyak lagi. Jadi industri bukanlah pengertian singkat daripada bisnis, tapi masuk dalam jenis bisnis yang dilihat berdasarkan kegiatan atau aktivitasnya.

  • Bisnis Jasa

Melihat dari namanya saja pasti sudah tahu jenis bisnis seperti apa bisnis jasa ini. Orang yang melakukan bisnis ini bukan menyediakan barang namun dalam bentuk pelayanan atau jasa. Ada jasa di bidang pendidikan yakni sebagai tenaga pengajar, ada pula jasa di sektor pariwisata sebagai tour guide, dan masih banyak lagi.

Jenis Bisnis Berdasarkan Kegunaannya

Jenis Bisnis Berdasarkan Kegunaannya- Pengertian Bisnis

Jika sudah mengetahui jenis bisnis dilihat dari kegiatan atau aktivitasnya, ada pula jenis bisnis yang dilihat dari kegunaannya. Di sini ada empat jenis bisnis lagi yang bisa diperoleh dari kegunaan bisnis itu sendiri.

a. Kegunaan Bentuk 

Istilah lain dari bisnis ini adalah Form Utility. Di sini bisnis yang dimaksud adalah kegiatan merubah suatu barang menjadi barang lain dengan manfaat yang berbeda dan lebih dibutuhkan bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Misalnya bisnis yang bergerak di bidang makanan, garmen, atau furniture.

b. Kegunaan Tempat 

Bisnis jenis ini kegiatannya adalah memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain yang mempunyai manfaat lebih. Misalnya saja semua alat transportasi yang ada, jadi yang dipindahkan bukan hanya barang saja namun juga orang.

c. Kegunaan Waktu 

Jenis bisnis dilihat dari waktu penyimpanan suatu barang. Contoh sederhananya adalah bisnis pergudangan. Jadi barang yang kurang dibutuhkan di pasar disimpan lalu akan dipasarkan lagi saat kebutuhan akan barang tersebut sedang naik.

d. Kegunaan Pemilikan 

Contoh dari jenis bisnis ini adalah bisnis pertokoan. Jadi pelaku bisnis memiliki sebuah toko yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Dari toko tersebut pemilik bisa mendapatkan keuntungan dari menjual barang atau jasa tersebut atau juga bisa dengan menyewakan toko kepada orang lain.

Baca Juga: Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Luar Biasa

Nah, itulah ulasan singkat tentang pengertian bisnis hingga jenis-jenis bisnis itu sendiri. Pada dasarnya kegiatan bisnis sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan menjalankan bisnis adalah mata pencaharian utama untuk sebagian orang. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kamu seputar bisnis ya.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup