Gaya HidupInspirasiTren Fashion Terbaru

Benarkah Musik Menenangkan Pikiran? Pahami Fakta-Faktanya

Benarkah Musik Menenangkan Pikiran? Pahami Fakta-Faktanya

Banyak sekali orang yang ingin menenangkan pikiran dengan cara mendengarkan musik. Dan sudah banyak juga penelitian yang menunjukkan fakta bagaimana musik menenangkan pikiran.

Baca Juga: Pola Tidur yang Baik untuk Remaja yang Sering Diabaikan

Jika ya, mengapa masih banyak orang yang stres? Bahkan, mereka sudah mendengarkan musik. Pikiran tetap tidak karuan dan mood selalu buruk.

Kalau ini juga yang kamu alami, ada dua kemungkinan. Yang pertama, kamu salah dalam memilih musik. Faktanya, tidak semua musik menenangkan pikiran. Kemungkinan yang kedua, kamu kurang tepat dalam mendengarkan musik. Ingat. Musik hanya media tapi bukan satu-satunya faktor untuk bisa musik menenangkan pikiran.

Yang pasti, dengan adanya musik, kamu yang memiliki pekerjaan yang berat bisa kamu kerjakan dengan baik. Kenapa? Karena kamu bisa mengelola stres. Kamu bisa mengendalikan pikiran. 

Saat deadline menumpuk, kamu tidak stres. Yang harus kamu lakukan adalah menjauh sejenak dan mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran.

Bagaimana Bisa Musik Menenangkan Pikiran?

Pernahkah kamu mencari tahu fakta ilmiah bagaimana peran musik yang bisa menenangkan pikiran? Kamu mungkin sering mendengarkan nasihat agar kamu mendengarkan musik atau bernyanyi untuk menenangkan pikiran dan melepas stres. Akan tetapi, apa itu benar? Atau jangan-jangan itu hanya mitos saja?

Sebenarnya, sudah ada fakta ilmiah mengenai bagaimana musik menenangkan pikiran. Di dalam otak, terdapat sel-sel rambut di dalam koklea yang memiliki peran untuk mengubah gelombang menjadi sinyal listrik. Ketika kamu mendengarkan musik, telinga menyampaikan gelombang tersebut ke sel rambut yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik.

Lalu, apa gunanya sinyal listrik tersebut? Sinyal listrik itulah yang kemudian dihantarkan ke serabut saraf telinga. Kemudian sinyal tersebut akan diarahkan ke berbagai tempat di otak. Salah satunya ke bagian otak temporal. Bagian otak inilah yang berperan untuk memproses bahasa serta emosi.

Sinyal listrik itu pula yang menuju ke hipotalamus. Apa itu hipotalamus? Ini tempat dimana hormon tertentu diproduksi sekaligus pengatur detak jantung serta tekanan darah. Saat ada sinyal listrik masuk dari gelombang musik, hipotalamus akan meningkatkan mood dan memproduksi dopamine, hormon kebahagiaan.

Jadi, jelas bahwa ada fakta ilmiah bagaimana musik menenangkan pikiran. Tentu saja ini harus dibarengi dengan bagaimana kamu mendengarkan musik dan juga jenis musik apa yang seharusnya didengarkan.

Jenis Musik Menenangkan Pikiran Agar Lebih Cerah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, musik masuk ke otak dan mempengaruhi kinerja hipotalamus untuk memproduksi hormon dopamine. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua musik bisa melakukan peran seperti itu?

Ada yang bilang hanya musik yang santai yang bisa menenangkan pikiran. Contohnya saja musik klasik. Sementara itu, musik dengan beat keras tidak bisa membuat pikiran tenang.

Sebenarnya, kedua jenis musik seperti itu sama-sama bisa menenangkan pikiran. Hanya saja, caranya yang berbeda. Musik klasik membuat pikiran lebih tenang. Sementara itu, musik dengan beat tinggi seperti rock bisa membuat seseorang ekspresif. Ia bisa meluapkan apa yang menjadi beban pikiran sehingga akhirnya ia merasa lega. 

Terlepas dari perdebatan teoritis seperti itu, musik klasik tidak perlu diperdebatkan lagi. Hampir semua ahli dalam dunia musik atau kesehatan mental mengatakan bahwa musik klasik itu musik menenangkan pikiran. Hal ini disebabkan musik ini mampu menghubungkan sinaptik di otak. Inilah yang kemudian menumbuhkan daya kreatif dan juga rasa suka cita.

Namun, apakah kamu harus mendengarkan musik klasik ketika ingin meredakan stres? Tentu saja tidak. Ada pilihan jenis musik lain. Misalnya saja musik light jazz. Ini juga jenis musik yang bisa menenangkan pikiran. Begitu juga musik instrumental piano, musik yoga, gamelan jawa, dan masih banyak lagi.

Yang pasti, kamu harus disesuaikan juga dengan kesukaan jenis musik. Jika kamu suka jazz, kamu bisa dengarkan musik jazz. Jika suka tembang jawa, kamu bisa dengarkan gamelan. Yang pasti, musik dengan beat 60 per menit itu bisa mensinkronkan otak dan memunculkan gelombang otak alfa. Inilah yang membuat pikiran tenang. Jazz, gamelan, musik klasik, dan juga musik instrumen bisa menjadi opsi yang terbaik.

Tips Mendengarkan Musik untuk Mengatasi Stres 

Sebenarnya, kamu tidak perlu berlibur atau bepergian jauh untuk melepas penat. Tentu itu bukan cara yang salah. Namun, jika kamu dihadapkan pada pekerjaan yang menumpuk dan kejar deadline, tentu kamu tidak bisa pergi ke luar kota. Akan lebih baik jika kamu mengatasi stres dengan cara yang lebih instan, yaitu mendengarkan musik.

Selain pilihan jenis musik yang tepat, ada hal lain yang juga harus kamu perhatikan. Apa saja itu?

1. Pilih Playlist Kesukaan

Playlist Kesukaan - Musik Menenangkan Pikiran

Percuma saja kamu mendengarkan lagu klasik tapi kamu tidak menikmati. Kamu akan mengabaikan musik begitu saja. Padahal, yang diperlukan adalah membiarkan musik masuk ke telinga lalu mengaktifkan saraf-saraf di otak. 

Untuk itu, akan lebih baik jika kamu memilih playlist kesukaan. Misalnya saja kamu suka jazz, pilih judul lagu jazz yang paling kamu suka. Kamu bisa ganti genre musik yang lain. Yang penting, kamu suka dan kamu mau mendengarkan lagu tersebut.

2. Ikut Bernyanyi

Ikut Bernyanyi - Musik Menenangkan Pikiran

Selain mendengarkan musik menenangkan pikiran, alangkah baiknya jika kamu ikut bernyanyi. Karena dengan bernyanyi, itu tanda kamu mengekspresikan serta meluapkan apa saja yang ada di pikiran. Dan ini akan membuat kamu lebih mudah untuk relief dan melepaskan stres. Pikiran pun menjadi lebih tenang.

3. Mainkan di Pagi Hari

Mendengarkan Di Pagi Hari - Musik Menenangkan Pikiran

Kapan waktu yang tepat untuk mendengarkan musik? Sebaiknya di pagi hari. Dan musik yang dengarkan sebaiknya agak sedikit menyenangkan. Ini akan meningkatkan mood kamu sehingga kamu akan merasa lebih bahagia.

Jadi, setelah bangun pagi, kamu bisa mulai beraktivitas seperti biasa, seperti merapikan tempat tidur, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Nyalakan musik sehingga di sudut rumah manapun kamu beraktivitas, kamu bisa mendengarkannya. Atau kamu bisa gunakan smartphone dan headset kamu.

4. Mainkan Saat Perjalanan

Mendengarkan Musik Di Perjalanan - Musik Menenangkan Pikiran

Saat di perjalanan, ada baiknya juga kamu mendengarkan musik menenangkan pikiran. Kamu bisa mendengarkan musik jazz. Ini akan membuat pikiran lebih tenang dan siap untuk bekerja keras mulai dari pagi hari.

Jika kamu berkendara sendiri ke kantor, putar playlist musik menenangkan pikiran yang kamu sukai. Dengarkan lagu tersebut hingga kamu sampai ke kantor. Jangan biarkan pikiran kamu memikirkan hal lain, terutama tentang pekerjaan dan deadline. Biarkan pikiran tenang terlebih dahulu.

5. Mainkan Saat Akan Tidur

Mendengarkan Musik Menjelang Tidur - Musik Menenangkan Pikiran

Stres sering muncul di malam hari, terutama setelah kamu pulang dari kantor dengan seabrek pekerjaan. Tenangkan pikiran dengan cara memainkan musik klasik.

Baca Juga: Pola Makan Hidup Sehat yang Harus Kamu Pahami

Nah, itulah beberapa hal yang kamu perlu ketahui mengenai musik menenangkan pikiran. Pada dasarnya, musik hanya membantu pikiran agar rileks. Tetap saja kontrol ada pada diri kamu. Makanya, selain mendengarkan musik, harus ada hal lain yang harus kamu lakukan untuk melepas stres, seperti olahraga, bersantai, melakukan hobi yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, kamu benar-benar bisa musik menenangkan pikiran dan pikiran semakin siap untuk diajak bekerja keras lagi. Bukankah itu yang kamu butuhkan?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup