Gaya HidupInspirasiKesehatan

Menjalankan Ibadah Puasa dan Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan

Menjalankan Ibadah Puasa dan 9 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Menjalankan ibadah puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Ibadah puasa satu bulan penuh dijalankan ketika sudah masuk bulan Ramadhan. Saat memasuki bulan suci Ramadhan, biasanya banyak orang berbondong-bondong menyambutnya dengan antusias. 

Baca Juga: Menu Makan Diet saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Ini

Bagaimana tidak, bulan Ramadhan merupakan bulan yang memberikan banyak manfaat baik dari segi berlimpahnya pahala ketika seorang muslim menjalankan ibadah maupun dari segi kesehatan. Kok kesehatan? Perlu diketahui, bahwa ternyata melaksanakan ibadah puasa juga memiliki dampak positif bagi kesehatan lho.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dibahas mengenai manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan. Yuk simak pembahasan-pembahasannya.

Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Ibadah puasa merupakan ibadah yang mengharukan seseorang untuk menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Ibadah puasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah puasa yang paling sering dilaksanakan oleh umat muslim sebab wajib hukumnya. Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dapat memberikan manfaat luar biasa bagi yang menjalankan. 

Salah satunya adalah mendapatkan pahala. Terlebih ketika ibadah puasa di bulan Ramadhan dilengkapi dengan menjalankan ibadah sunnah lainnya seperti solat tarawih, tadarus, solat witir di malam hari, berbanyak solawat dan berzikir, serta lain sebagainya. 

Pentingnya Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Selain dijalankan untuk menggugurkan kewajiban sebagai sebagai seorang muslim, ibadah puasa juga sangat penting sebab dapat memberikan banyak pelajaran bagi yang menjalankannya. 

Mulai dari melatih kesabaran, belajar mengetahui bagaimana rasanya menahan haus dan lapar sehingga dapat meningkatkan simpati terhadap sesama yang kurang mampu, hingga melatih diri untuk membiasakan menjalankan hal-hal baik setiap harinya. 

Selain memiliki peran penting untuk melatih diri dalam menjalankan hal-hal positif, ternyata terdapat pula manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan seseorang. Penasaran? Simak pembahasan berikut.

9 Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan

Manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan yang perlu diketahui adalah:

1. Meregenerasi sel

Regenerasi Sel - Menjalankan Ibadah Puasa

Terdapat beberapa ahli di bidang kesehatan yang mengemukakan bahwa menjalankan puasa dapat menimbulkan berjalannya proses regenerasi sel atau pembaharuan sel dengan sangat baik. 

Hal ini tentu sangat mempengaruhi kesehatan menjadi lebih baik lagi. Dengan menjalankan ibadah puasa secara rutin atau satu bulan penuh di bulan Ramadhan, maka sel-sel rusak yang ada di dalam tubuh dapat digantikan dengan sel-sel baru. 

Umumnya, kondisi ini dapat memberikan suasana hati seseorang meningkat akibat kesegaran yang disebabkan dari regenerasi sel dalam tubuh. Oleh sebab itu, biasanya orang yang rutin menjalankan ibadah puasa justru lebih terlihat segar meskipun dalam kondisi yang melelahkan.

2. Mendukung proses detoksifikasi tubuh

Proses Detoksifikasi - Menjalankan Ibadah Puasa

Manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mendukung proses pembuangan racun atau zat-zat berbahaya yang tidak diperlukan oleh tubuh lagi secara optimal.

Kondisi ini membuat seseorang yang menjalankan ibadah puasanya dengan baik akan terhindar dari zat beracun yang menyerang tubuh secara tidak sadar. Masuknya zat beracun atau zat berbahaya ke dalam tubuh seseorang tidak melulu tersurat atau terjadi secara langsung seperti mengonsumsi zat berbahaya tersebut. 

Melainkan bisa juga tanpa disadari. Seperti halnya zat-zat yang berbahaya yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Nah, kondisi masuknya zat beracun ke dalam tubuh seseorang, ternyata dapat diatasi dengan proses detoksifikasi yang dipicu oleh ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

3. Bisa mengontrol gula darah

Mengontrol Gula Darah - Menjalankan Ibadah Puasa

Permasalahan gula darah yang dialami seseorang menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan dengan saksama. Bagaimana tidak, gula darah yang bermasalah merupakan hal sensitif yang sangat mengancam kesehatan tubuh seseorang. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang berburu informasi tentang bagaimana cara mengontrol gula darah supaya tetap berada pada ambang aman bagi kesehatan. 

Nah, tahukan kamu bahwa ternyata menjalankan ibadah puasa juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengontrol gula darah? Banyak ahli membuktikan bahwa ibadah puasa yang dijalankan seseorang berpengaruh terhadap kesehatan orang tersebut terutama di bidang kontrol gula darah. Dengan menjalankan ibadah puasa, tingkat kontrol gula darah meningkat sebab dengan berpuasa, gula darah di dalam tubuh menjadi lebih stabil sehingga sangat baik dampaknya bagi para penderita diabetes. 

Bukan hanya itu saja, menjalankan ibadah puasa juga dapat mengurangi resistensi insulin sehingga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin itu sendiri. Kondisi ini membuat proses pengangkutan glukosa dari aliran darah menuju sel dapat terlaksana dengan lebih baik dan efisien. 

4. Memperkuat imun tubuh

Memperkuat Imun Tubuh - Menjalankan Ibadah Puasa

Selanjutnya, manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan lainnya adalah dapat memperkuat imun tubuh atau memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dimana, masa pandemi seperti sekarang ini membuat kita semua harus intens dalam menjaga imun tubuh supaya tetap baik dan tidak mudah terserang penyakit.

Dengan stabilnya sistem kekebalan tubuh seseorang, maka dirinya tidak akan mudah sakit sebab bakteri dan virus tidak bisa menyerang secara cuma-cuma. Nah, manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan menjalankan ibadah puasa termasuk ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. 

Dengan menjalankan ibadah puasa, maka sistem kekebalan tubuh atau yang lebih akrab disebut imunitas bisa lebih kuat akibat membaiknya fungsi sel-sel getah bening sebesar sepuluh kali lipat.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung - Menjalankan Ibadah Puasa

Selain memberikan banyak manfaat seperti yang sudah disebutkan, melaksanakan puasa juga dapat meningkatkan kesehatan jantung bagi yang menjalankan. Di mana kita semua juga tahu bahwa sakit jantung merupakan penyebab utama terjadinya kematian di seluruh dunia. 

Sedangkan upaya kesehatan yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko sakit jantung salah satunya adalah dengan menjaga pola makan serta menjaga gaya hidup sehat setiap harinya. Nah, salah satu yang termasuk di dalamnya adalah dengan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. 

Terdapat beberapa peneliti di bidang kesehatan jantung yang sudah membuktikan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal tersebut disebabkan karena ketika seseorang berpuasa, maka akan terjadi penurunan tekanan darah, penurunan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan mampu menurunkan trigliserida yang dapat memicu datangnya serangan jantung.

6. Meminimalisir datangnya peradangan

Peradangan Kronis - Menjalankan Ibadah Puasa

Manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan salah satunya juga dapat meminimalisir datangnya peradangan. Meskipun di dunia medis kondisi peradangan normal merupakan kondisi yang dapat melawan infeksi, namun berbeda kasusnya jika peradangan yang terjadi merupakan peradangan kronis. 

Nah, untuk menghindari keadaan buruk yang menyerang kesehatan seperti peradangan kronis ini, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan berpuasa. Dalam penelitian di bidang kesehatan yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli, berpuasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh salah satunya melalui kemampuannya dalam menurunkan tingkat peradangan di dalam tubuh.

7. Mencegah obesitas

Mencegah Obesitas - Menjalankan Ibada Puasa

Obesitas sebagai salah satu kelainan yang diakibatkan oleh berat badan berlebih ternyata juga dapat dicegah dengan cara menjalankan puasa. Dengan berpuasa, seseorang dapat mengontrol berat badannya untuk tetap normal.

Bahkan, dengan berpuasa pada jangka waktu tertentu secara rutin juga dapat mendorong penurunan berat badan serta pembakaran lemak hingga 8% sampai 16%. Sangat bermanfaat bukan.

8. Dapat meningkatkan fungsi otak

Meningkatkan Fungsi Otak - Menjalankan Ibadah Puasa

Beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa berpuasa dapat mencegah seseorang dari bahaya Parkinson dan Alzheimer. Hal tersebut disebabkan karena ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, maka dirinya mengalami peningkatan fungsi otak sehingga terhindar dari keadaan-keadaan yang memicu rusaknya fungsi otak dan menimbulkan munculnya penyakit-penyakit yang terjadi akibat tidak bekerjanya otak di dalam tubuh.

9. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker - Menjalankan Ibadah Puasa

Manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah risiko penyakit kanker. Hal tersebut disebabkan terdapat penelitian yang membuktikan bahwa dengan menjalankan puasa dapat mencegah atau memblokir pertumbuhan tumor serta meningkatkan efektifitas pengobatan kanker seperti saat kemo dan lain sebagainya. Tentu manfaat satu ini menjadi salah satu manfaat yang sangat penting mengingat kita semua tahu bahwa penyakit kanker juga masuk salah satu penyakit yang berbahaya dan mengancam kesehatan tubuh dengan sangat fatal.

Baca Juga: Beberapa Ide Hidangan Berbuka Puasa yang Simple dan Lezat

Itulah 9 manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan yang perlu diketahui supaya kita semua lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan yang mulia ini. Semoga bermanfaat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup