Gaya HidupInspirasi

Menambah Berat Badan Ternyata Ada Lho Olahraganya

Menambah Berat Badan Ternyata Ada 4 Lho Olahraganya

Olahraga untuk menambah berat badan? Memangnya bisa? Ternyata bisa lho. Dengan melakukan olahraga tertentu, berat badan kamu bisa naik. Asalkan kamu tahu jenis latihan fisik apa yang tepat untuk kamu lakukan.

Baca Juga: Saran dari Dokter Jika Kamu Tetap Ingin Puasa Saat Hamil

Mungkin selama ini kamu tidak percaya diri dengan tubuh yang kurus kering. Lalu, kamu mencoba untuk menaikkan berat badan dengan cara makan yang banyak. Atau mungkin kamu juga minum susu yang mengandung tinggi protein.

Usaha yang kamu lakukan memang bisa menaikkan berat badan. Akan tetapi, ada juga risiko gagal. Pasalnya, jika tubuh mendapatkan terlalu banyak nutrisi, berat badan kamu naik. Hanya saja, kemungkinan yang ditampung oleh tubuh itu lemak.

Memang benar berat badan kamu naik. Hanya saja, tubuh tidak begitu sehat. Bahkan, tubuh terasa terlalu gemuk dan susah bergerak. Bukan itu kan yang kamu inginkan?

Tentu tidak salah jika kamu menerapkan pola makan tertentu untuk menaikkan berat badan. Akan tetapi, sebaiknya kamu juga lakukan olahraga untuk menambah berat badan secara rutin.

Penjelasan Ilmiah Mengenai Olahraga untuk Menambah Berat Badan 

Menurut kamu, apa yang membuat berat badan naik? Secara umum. berat badan manusia itu terus bertambah. Lihat saja berat badan balita dan orang dewasa. Beda, bukan? Dan yang membuat berat badan naik bisa saja karena tulang yang terus berkembang.

Apakah ada yang lain lagi? Tentu saja ada seperti lemak dan juga massa otot. Nah, kebanyakan orang yang berat badannya naik itu disebabkan oleh menumpuknya lemak di bagian tubuh tertentu, seperti di perut, lengan, dan juga paha.

Sementara itu, bertambahnya berat badan disebabkan oleh massa otot yang benar dan sehat. Ini perbedaannya. Jika kamu menaikkan berat badan dengan makan yang banyak, kemungkinan kenaikan disebabkan oleh lemak. Berbeda dengan olahraga. Saat kamu rutin berolahraga, massa otot akan terbentuk dan semakin besar. Lambat laun berat badan kamu akan naik.

Dan bentuknya tubuh pun berbeda. Ketika kamu banyak makan, kamu akan terlihat gemuk. Namun, jika kamu melakukan olahraga untuk menambah berat badan, tubuh kamu terlihat tegap, kekar, dan sehat.

Jadi, mau tetap makan yang banyak atau berolahraga?

4 Jenis Olahraga Penambah Berat Badan yang Bisa Kamu Pilih 

Kamu sudah mengetahui penjelasan bagaimana olahraga bisa menaikkan berat badan. Dan kamu sudah tahu jika berat badan naik karena olahraga, itu tanda tubuh semakin sehat.

Hanya saja, tidak semua olahraga bisa kamu lakukan untuk tujuan tersebut. Kata kuncinya adalah menaikkan massa otot. Ada 4 olahraga untuk menambah berat badan yang bisa kamu lakukan? 

1. Push Up

Push Up - Menambah Berat Badan

Ini olahraga yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Kamu tidak perlu kemana-mana. Kamu bisa gunakan space yang ada di rumah, entah itu di kamar tamu, teras rumah, atau di taman belakang rumah. Gunakan matras agar kamu lebih nyaman.

Bagaimana push up bisa menambah berat badan? Penjelasannya sangat mudah. Menurut kamu, bagian otot mana yang dilatih ketika push up? Ini gerakan yang melatih otot lengan dan punggung. Inilah otot yang sangat mempengaruhi berat badan seseorang. 

Kamu bisa lihat orang-orang yang berat badannya ideal itu memiliki postur lengan yang kuat dan punggung yang tegap, bukan? Hal tersebut dikarenakan otot di dua bagian tubuh tersebut terus dilatih.

Kamu hanya perlu melakukan push up setiap pagi. Luangkan waktu untuk push sekitar 20 sampai 30 kali setiap hari. Biarkan massa otot lengan dan bahu bertambah dan memiliki berat badan yang ideal. Dan yang pasti postur tubuh kamu akan lebih kuat dan tegap.

2. Latihan Angkat Beban

Angkat Beban - Menambah Berat Badan

Sebenarnya, bukan hanya push up saja yang seharusnya kamu lakukan. Kamu juga perlu melatih otot bagian tubuh lainnya. Kamu bisa pergi ke gym untuk melakukan latihan angkat beban karena disanalah ada peralatan angkat beban yang lengkap.

Kamu bisa luangkan waktu dua atau tiga kali dalam satu minggu untuk latihan beban di gym. Sementara itu, setiap pagi, kamu bisa push up di rumah untuk menguatkan otot lengan dan bahu.

Saat di gym, sebaiknya kamu fokus melakukan bench press. Apa itu bench press? Ini merupakan latihan yang dilakukan untuk memperkuat otot dada. Bagian dada adalah bagian yang banyak sekali ototnya. Jika kamu melatih otot di bagian tubuh tersebut, berat badan kamu akan naik signifikan. Di sisi lain, tubuh kamu juga terlihat lebih atletis.

Jangan dikira latihan beban ini hanya untuk laki-laki ya. Perempuan juga boleh melakukannya. Hanya saja, bebannya tidak boleh berlebihan. Otot dada perempuan akan semakin kuat dan payudara semakin kencang.

3. Berenang

Berenang - Menambah Berat Badan

Berenang juga ternyata termasuk olahraga untuk menambah berat badan lho. Bagaimana cara kerjanya? Sebenarnya, sama seperti beberapa olahraga sebelumnya. Berenang itu memperkuat otot. Dan bukan hanya otot salah satu anggota tubuh saja tapi keseluruhan. 

Saat kamu berenang, tubuh kamu melawan beban di dalam air. Otot akan dipaksa meregang. Dan jika itu dilakukan terus menerus, otot akan semakin kuat. Bahkan, menurut penelitian ilmiah, berenang itu jauh lebih efektif untuk membangun otot daripada latihan kardio lho.

4. Zumba

Zumba - Menambah Berat Badan

Setidaknya dua alasan mengapa Zumba bisa menambah berat badan. Yang pertama, Zumba ini olahraga aerobik yang memperkuat otot seluruh tubuh. Yang kedua, olahraga ini menguras tenaga. Gerakan Zumba sangat cepat sehingga mampu membakar lemak di dalam tubuh. Energi terkuras sehingga setelah Zumba kamu akan merasa lapar sekali. Kamu akan mulai makan. Dan jika kamu mengonsumsi makanan bergizi seperti makanan tinggi protein, berat badan akan bertambah signifikan.

Nah, dari 4 olahraga untuk menambah berat badan tersebut, mana yang sekiranya kamu akan pilih?

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan 

Kamu sudah tahu jenis olahraga apa yang tepat untuk menambah berat badan. Dan kamu juga tahu penjelasannya mengapa olahraga tersebut di atas bisa menaikkan berat badan.

Namun, satu hal yang harus kamu ketahui. Proses menaikkan berat badan tersebut dikarenakan massa otot bertambah. Otot semakin kuat.

Nah, agar otot bisa dilatih, tentu saja otot juga harus mendapatkan nutrisi. Jadi, selain melakukan olahraga menambah berat badan secara rutin, kamu juga harus pastikan otot kamu mendapatkan nutrisi yang cukup. Berikut ini beberapa makanan yang sangat penting untuk membentuk otot:

  • Jambu Biji
  • Yoghurt
  • Kacang Kedelai
  • Ikan Salmon
  • Daging Sapi Tanpa lemak

Percuma jika kamu melatih otot tapi otot tidak siap untuk dilatih. Bukannya massa otot bertambah tapi justru otot bisa mengalami cedera.

Baca Juga: Manfaat Bernyanyi Bukan Hanya untuk Meredakan Stres Lho

Sekarang, kamu tidak perlu bingung lain. Kamu sudah tahu apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Menaikkan berat badan dengan rutin melakukan olahraga untuk menambah berat badan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup