Gaya HidupInspirasiTravelTraveling

Tak Hanya Melakukan Perjalanan, Ini Manfaat Traveling yang Lain

Tak Hanya Melakukan Perjalanan, Ini Manfaat Traveling yang Lain

Kebanyakan dari kita memilih untuk melakukan perjalanan atau traveling ketika sudah merasa lelah, suntuk, bosan, ataupun jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Apakah kamu salah satu orang yang memiliki hobi traveling ini? Dan dampaknya memang terasa, manfaat traveling dapat membuat tubuh dan pikiran kita lebih terasa fresh.

Baca Juga: Daftar Harga Jam Tangan Alexandre Christie Terbaru dan Bergaya Modern

Sederet Manfaat Melakukan Perjalanan Traveling Bagi Diri Kita

Traveling memang dikenal memiliki efek relaksasi yang baik bagi tubuh. Tapi, tahukah kamu? Manfaat traveling ternyata tak hanya sebatas itu. Masih ada sejumlah dampak baik lainnya yang bisa kita dapatkan saat melakukannya. Apa saja manfaat tersebut? Simak uraiannya kali ini, ya!

1. Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik - Melakukan Perjalanan

Tak hanya mampu merefresh kembali tenaga, pikiran dan kondisi mental kita dari penatnya rutinitas sehari-hari, traveling juga ternyata baik untuk kesehatan fisik kita. banyak fakta ilmiah yang diketahui menyatakan bahwa orang yang sering melakukan traveling akan lebih sehat dibanding yang tidak melakukannya.

Selain meditasi, traveling diyakini menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan tingkat stress. Bahkan melakukan perjalanan ini mempengaruhi psikologis kita lebih besar ketimbang dengan cara membeli barang kesukaan. Tahukah kamu? Traveling juga dapat mengasah kemampuan otak kita lho. Selama perjalanan, orang akan banyak menggerakan tubuh mereka dan hal tersebut dikenal baik untuk kesehatan seperti pada jantung, otot, sendi dan lain sebagainya.

Seperti dilansir dari laman Phinemo, sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 12.000 laki – laki yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit jantung, ditemukan bahwa orang yang lebih banyak traveling mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke yang rendah. Kemudian, dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa traveling dapat mengurangi risiko jantung koroner.

2. Menjadi Orang yang Lebih Sabar

Menjadi Orang yang Lebih Sabar - Melakukan Perjalanan

Apa ada kaitannya antara traveling dan sabar? Tentu ada, karena kita akan lebih banyak belajar untuk sabar dan menerima peristiwa yang terjadi di daerah orang yang berbeda dengan tempat juga keseharian kamu selama ini.

3. Menambah Wawasan

Menambah Wawasan - Melakukan Perjalanan

Ketika hendak melakukan perjalanan, kita akan mencari tahu tentang suatu daerah tertentu, budayanya, tempat wisatanya, masyarakatnya, kondisi alamnya dan lain sebagainya. Berbagai hal baru tersebut disadari atau tidak dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita. 

Terlebih saat berada di tempat tujuan, kita akan mendapatkan sejumlah informasi secara langsung. Maka kita akan menjadi lebih banyak tahu setelah melakukan kegiatan traveling ini. Wawasan kamu juga akan bertambah luas dengan melakukan traveling. 

4. Banyak Bertemu Orang Baru

Banyak Bertemu Orang Baru - Melakukan Perjalanan

Dengan melakukan traveling, terutama pada perjalanan yang bersifat pribadi, tentu kita akan bertemu dengan orang lain, baik itu sesame traveler maupun warga sekitar yang belum pernah dikenal sebelumnya. Dan percayalah, memiliki teman dan kenalan baru ketika traveling akan menjadi kesan yang menyenangkan!

Selain itu, bertemu dengan orang baru pung akan semakin memperluas jaringan atau relasi kita dan bisa saja, orang-orang yang kita temui saat traveling akan menjadi partner di kemudian hari.

5. Mengenal Kebudayaan Baru

Mengenal Kebudayaan Baru - Melakukan Perjalanan

Selain memiliki banyak teman karena bisa berkenalan dengan orang baru di tempat tujuan, manfaat traveling berikutnya adalah kita akan tahu tentang budaya dan masyarakat dari lokasi yang didatangi tersebut. Mengetahui adat, budaya maupun kebiasaan di suatu daerah pasti menarik.

6. Lebih Mandiri

Lebih Mandiri - Melakukan Perjalanan

Traveling akan mengajarkan kita menjadi sosok yang lebih mandiri dari sebelumnya. Karena di tempat tujuan, kita akan banyak mengandalkan diri sendiri, menyiapkan dan mempertimbangkan segalanya secara pribadi. Melakukan perjalanan mengatur banyak hal dan itu merupakan dampak yang akan membentuk kemandirian.

7. Lebih Percaya Diri

Lebih Percaya Diri - Melakukan Perjalanan

Selain dapat menjadikan diri kita sebagai pribadi yang lebih mandiri, manfaat traveling lainnya adalah mampu menjadikan kita sebagai sosok yang lebih percaya diri. Karena dengan melakukan perjalanan tadi, kita akan lebih banyak bergaul, mengenal, bersosialisasi dan tentu lebih banyak memahami. Dan hal tersebut dapat memupuk rasa kepercayaan diri.

8. Membangun Jiwa Kepemimpinan

Membangun Jiwa Kepemimpinan - Melakukan Perjalanan

Pada dasarnya traveling mampu berperan penting pada jiwa kepemimpinan seseorang. Karena selain berpengaruh pada fisik dan mental seseorang, melakukan perjalanan ini juga dipercaya mampu memberi dampak yang baik pada emosional seseorang, termasuk dalam hal kepemimpinan ini.

9. Belajar Beradaptasi

Belajar Beradaptasi - Melakukan Perjalanan

Berada di lingkungan baru dengan keadaan yang berbeda dari tempat tinggal kita, baik dalam segi cuaca, kondisi, budaya dan lain sebagainya akan membuat diri kita banyak beradaptasi. Penyesuaian tersebut akan membuat kita lebih banyak belajar juga akan lebih dewasa dalam menentukan sesuatu.

10. Belajar Berbahasa dan Berkomunikasi

Belajar Berbahasa dan Berkomunikasi - Melakukan Perjalanan

Tak hanya belajar adaptasi saja, di lingkungan baru tempat traveling, maka kita akan belajar sekaligus mengasah kemampuan berkomunikasi. Kita akan lebih banyak mengobrol dengan orang lain, baik sesame traveler, masyarakat sekitar, pedagang, petugas di tempat umum, dan lain sebagainya.

Bahkan, dengan kegiatan traveling ini, kita dapat belajar bahasa baru yang digunakan di tempat tujuan. Atau, disana juga bisa menjadi sarana untuk kita mempraktekkan langsung kemampuan bahasa yang mungkin pernah dipelajari sebelumnya.

11. Mengasah Kreativitas

Mengasah Kreativitas - Melakukan Perjalanan

Setelah melakukan perjalanan, biasanya kita akan merasa lebih segar baik secara pikiran maupun fisik. Hal tersebut berasal dari banyaknya pengalaman yang kita dapatkan. Selain itu, akan banyak hal di tempat traveling yang kita temui dan selanjutnya menjadi sumber inspirasi bahkan inovasi.

12. Menambah Sejumlah keterampilan

Menambah Sejumlah keterampilan - Melakukan Perjalanan

Tak hanya dari sisi kreatifitas saja, manfaat traveling juga mampu menambah keterampilan kita. Selain kemampuan untuk bertahan hidup, disana juga kita bisa mempelajari banyak hal langsung dari tempatnya. Seperti kesenian, budaya, kuliner dan lain sebagainya.

13. Meninggalkan Kesan Mendalam

Meninggalkan Kesan Mendalam - Melakukan Perjalanan

Ketika melakukan perjalanan mengunjungi tempat baru, menjelajah disana, mencoba berbagai hal baru dan ikut merasakan suasananya selama beberapa waktu akan meninggalkan kesan dalam benak kita dan tentu akan menyenangkan jika dikenang dan diulas di waktu yang akan datang. Selain itu, kita juga dapat lebih memaknai kehidupan.

14. Membuka Peluang Pekerjaan

Membuka Peluang Pekerjaan - Melakukan Perjalanan

Ternyata, saat ini banyak perusahaan yang mempertimbangkan pengalaman traveling bagi calon karyawannya. Bukan hanya tentang bagaimana perjalanan mereka, namun bagaimana pemahaman, pengalaman dan proses adaptasi mereka, terlebih jika melakukan perjalanan ke tempat yang jauh. Luar negeri misalnya.

Atau, perjalanan kamu yang dituangkan ke dalam tulisan berupa novel misalnya, maupun foto dan video karya yang dihasilkan dari traveling tersebut dapat menjadi sumber penghasilan lho. Selain itu, inspirasi yang didapat saat perjalanan, bisa juga melahirkan inovasi ketika bekerja maupun wirausaha.

Baca Juga: Rekomendasi Online Shop Baju Wanita Terpercaya di Shopee

Demikian segudang manfaat traveling yang bis akita dapatkan. Ternyata, tak hanya membuat perasaan kita jauh lebih baik dan tentunya lebih senang dan tenang, melakukan perjalanan ke suatu tempat ini pun dapat membawa pengaruh baik pada kesehatan mental, emosional juga membentuk kepribadian orang yang melakukannya. Jadi, kemana tujuan traveling kamu berikutnya?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup