Gaya HidupInspirasiResep Masakan

Yuk Catat Daftar Makanan yang Bikin Gemuk tapi Sehat

Yuk Catat Gemuk tapi Sehat Berikut 5 Daftar Makanannya

Beberapa orang memiliki masalah dengan berat badan berlebihan. Mereka ingin kurus dan langsing. Disisi lain, ada juga yang mengalami masalah dengan badan yang terlalu kurus. Jika kamu punya masalah di sini, ada baiknya kamu catat makanan yang bikin gemuk tapi sehat.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan Pilihan Makanan untuk Diet Sehat

Ini menjadi hal yang sangat penting karena jangan sampai kamu gemuk tapi tidak sehat. Dan inilah yang sering terjadi. Beberapa orang ugal-ugalan dalam mengkonsumsi makanan. Alasannya satu, yaitu agar berat badan ideal. Tidak terlalu kurus.

Namun, apa jadinya jika berat badan kamu naik tapi kesehatan tubuh kamu menurun. Percuma saja. Coba jawab. Apa yang paling penting. Berat badan ideal atau kondisi tubuh sehat? 

Tentu saja semua orang ingin memiliki dua-duanya. Badan ideal dan kesehatan terjaga. Untuk itu, jika kamu memiliki keinginan untuk menaikkan berat badan, naikkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bikin gemuk tapi sehat. 

Gemuk Tidak Selalu Tidak Sehat

Cantik tidak harus langsing. Ada yang menginginkan cantik dengan tubuh sedikit lebih gemuk. Atau sering juga dikatakan chubby. Jika itu yang kamu inginkan, kamu perlu tahu resep gemuk tapi sehat.

Selama ini, banyak yang menganggap gemuk itu kurang baik. Gemuk itu kurang enak dipandang. Terutama bagi wanita, gemuk sedikit saja merasa tidak percaya diri. Padahal, bisa saja tubuh yang sedikit gemuk atau chubby itu menunjukkan bahwa tubuhnya sehat. Tidak terlalu kurus. Bahkan, tubuh yang terlalu kurus biasanya kurang sehat. Karena kebanyakan mereka menerapkan diet yang membuat tubuhnya kekurangan energi. 

Di sisi lain, ada juga yang mengatakan gemuk itu berisiko terkena penyakit, seperti obesitas atau diabetes. Benarkah demikian? Tidak selalu. Dan tidak selalu orang yang gemuk itu mengalami diabetes. Toh banyak orang yang kurus tapi diabetes.

Jadi, patokan diabetes itu bukan pada gemuk. Harus dilihat dulu gemuknya badan itu disebabkan oleh apa. Apakah karena gula atau karena protein. Gemuk tapi sehat itu gemuk karena protein. Dan tentu saja gemuknya masih dalam taraf yang wajar. Masih seimbang dengan tinggi badan seseorang.

Yang jelas, salah besar jika menganggap gemuk itu kurang menarik atau kurang sehat. Ada kok cara agar memiliki tubuh yang gemuk tapi sehat dan tetap menarik. Terutama kamu yang ingin menaikkan berat badan karena terlalu kurus. Sedikit lebih gemuk tapi sehat jauh lebih baik daripada memiliki tubuh yang kurus. Setuju, kan?

Makanan Sehat agar Cepat Gemuk Tapi Sehat

Lalu, makanan apa saja yang bisa bikin kamu gemuk tapi sehat? Berikut ini beberapa daftar makanan yang dimaksud:

1. Daging

Daging - Gemuk Tapi Sehat

Ada tiga kandungan paling penting di dalam daging, yaitu kalori, lemak, dan protein. Kalori dibutuhkan untuk mempercepat proses kenaikan berat badan. Begitu juga dengan lemak. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena di dalam daging terdapat lemak baik, bukan lemak jahat.

Sementara itu, protein memiliki peran untuk meningkatkan massa otot. Jadi, saat tubuh kamu mulai gemuk, tubuh terasa kekar. Tidak gemuk yang disebabkan terlalu banyak lemak.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih daging merah. Inilah daging yang bagus dan pasti masih segar. Kamu bisa memasak bahan daging menjadi berbagai masakan, seperti sup, steak, dan lain sebagainya. Yang penting, pastikan kamu memilih daging merah yang segar.

2. Kacang

Kacang - Gemuk Tapi Sehat

Protein tidak hanya kamu bisa dapatkan dari daging. Ada yang namanya protein nabati. Ini merupakan protein yang diperoleh dari non-daging. Seperti contoh dari kacang-kacangan. Sementara itu, protein hewani itu dari daging.

Mana yang lebih baik? Sebenarnya keduanya sama-sama baik. Hanya saja, ada beberapa orang yang mengalami alergi protein hewani. Terutama anak yang masih balita. Ada beberapa balita yang alergi protein hewani.

Untuk itu, alternatifnya adalah mendapatkan protein nabati dari kacang-kacangan, entah itu kacang panjang, kacang tanah, ataupun kacang ijo. Kamu bisa membuat menu makanan yang bikin gemuk tapi sehat yang berasal dari bahan kacang ijo. Kamu bisa membuat bubur kacang ijo untuk menu sarapan.

Atau kamu juga bisa membuat oseng kacang panjang atau sup kacang panjang. Banyak sekali pilihan menu makanan yang mudah dibuat dengan bahan kacang.

3. Yoghurt

Yoghurt - Gemuk Tapi Sehat

Ada banyak makanan yang bisa kamu buat dari yoghurt. Contohnya salad Yoghurt. Salad dianggap sebagai menu diet. Namun, bukan berarti ini bukan menu yang bisa bikin gemuk. Ini tergantung pada apa saja yang dipakai untuk membuat salad. Jika bahan yang digunakan mengandung protein dan kalori, menu tersebut bisa menggemukkan sekaligus menyehatkan badan.

Dan tambahan yang terpenting adalah yoghurt. Ini olahan dari susu. Seperti yang sudah banyak diketahui, susu ini berasal dari sapi. Ada kandungan protein yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan protein inilah yang membuat tubuh gemuk tapi sehat.

Tentu tidak hanya salad yoghurt saja yang kamu bisa pilih. Ada yang lainnya lagi seperti smoothie yoghurt, roti yoghurt, dan lain sebagainya. Kamu bisa berkreasi membuat menu makanan dengan bahan yoghurt. Makanan tersebut sudah menjadi makanan yang bikin gemuk tapi sehat.

4. Dark Chocolate

Dark Chocolate - Gemuk Tapi Sehat

Ada yang bilang coklat itu bikin gemuk dan tidak sehat. Itu benar. Tapi jangan digeneralisir bahwa semua coklat itu bikin tidak sehat. Asalkan tidak kebanyakan, coklat itu baik untuk tubuh. Apalagi jika kamu memilih dark chocolate. Bisa dipastikan berat badan kamu naik tapi tetap sehat.

Mengapa demikian? Karena di dalam dark chocolate terdapat kadar gula yang sangat rendah. Sementara itu, lemak jenuhnya cukup tinggi. Begitu juga dengan kandungan kalorinya. Inilah yang membuat tubuh gemuk dan tetap sehat.

Di sisi lain, ada juga kandungan antioksidan polifenol. Kandungan ini yang berperan untuk menangkal beberapa potensi penyakit tertentu, terutama obesitas. Jadi, tidak semua coklat itu bikin gemuk, tidak sehat, dan menyebabkan obesitas.

5. Sushi

Sushi - Gemuk Tapi Sehat

Memang benar mengkonsumsi ikan itu bisa memperlebar lingkar pinggang. Dan ini bukan tanda yang baik untuk kesehatan. Apalagi ikan disajikan dengan tambahan lain seperti krim keju, adonan tempura, dan mayones. Jelas ini kurang begitu sehat.

Namun, kamu bisa tinggalkan beberapa hal. Kamu bisa pilih sushi yang disajikan dengan beras merah tanpa ada tambahan bumbu apapun. Ini makanan yang bikin gemuk tapi sehat.

Sayangnya, terlalu banyak restoran sushi yang menyajikannya dengan terlalu banyak tambahan. Kamu bisa order sushi sesuai dengan yang kamu inginkan. Atau jika kamu punya waktu, kamu bisa belajar sendiri bagaimana cara membuat sushi yang sehat.

Baca Juga: Aturan Cover Lagu Sebelum Upload di Channel Youtube

Itulah beberapa menu makanan yang bisa bikin gemuk namun tetap sehat. Apakah ada makanan favorit kamu di antara beberapa menu makanan tersebut? Setelah memastikan kamu mengkonsumsi makanan yang bikin gemuk tapi sehat, pastikan juga kamu berolahraga. Aktivitas fisik akan mempercepat proses menaikkan berat badan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup