Gaya HidupKesehatan

Menu Buka Puasa untuk Mengembalikan Berapa Kalori yang Hilang Saat Puasa

6 Menu untuk Mengembalikan Kalori yang Hilang Saat Puasa

Saat Anda berpuasa, Anda akan menahan lapar dan haus seharian sehingga beberapa kalori yang hilang dari tubuh. Untuk berapa kalori yang hilang saat puasa, itu tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan.

Baca Juga: Berpuasa Bagi Penderita Maag, Hindari Melakukan Hal–Hal ini!

Jika Anda tidak banyak melakukan aktivitas, maka hanya sekitar 500 kilo kalori saja terbakar dari tubuh Anda.  Tetapi, jika Anda melakukan lebih banyak aktivitas seperti bekerja ataupun berolahraga, maka jumlah kalori yang hilang terbakar tentu akan lebih banyak.

Kalori yang hilang ini tentunya bisa kembali setelah Anda makan. Namun, pola makan yang terjaga jumlah kalorinya tetaplah penting agar Anda tidak bertambah berat badan dengan drastis. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembalikan kalori tubuh yang hilang dengan makan makanan yang sehat dan bernutrisi serta kaya serat.

Berikut menu buka puasa mengembalikan kalori yang hilang:

1. Sup Ayam

Sup Ayam - Kalori yang Hilang

Sup ayam merupakan makanan sehat yang dapat mengembalikan kalori yang hilang dari tubuh dengan cepat. Namun, menu buka puasa yang ini tidak akan membuat Anda mengalami kelebihan berat badan karena jumlah kalorinya seimbang. Terdapat kandungan protein, vitamin, mineral, dan serat di dalam sup ayam sehingga bagus untuk menjaga keseimbangan berat badan.

Cara membuat sup ayam cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih dan merica lalu menumis. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan potongan sayur sesuai selera. Anda bisa memasukkan wortel, kentang, kubis, bunga kol, brokoli, dll. Setelah itu, Anda bisa menambahkan garam, gula, dan kaldu ayam sesuai selera. Saat akan matang, Anda bisa menambahkan daun seledri agar sup ayam lebih harum.

Sup ayam cocok sekali dihidangkan saat hangat untuk menu buka puasa karena bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

2. Ikan Tuna

Ikan Tuna - Kalori yang Hilang

Ikan tuna bisa menjadi menu buka puasa yang sangat menyehatkan sekaligus mampu mengembalikan berapa kalori yang hilang saat puasa. Jika Anda berpuasa sambil berolahraga ringan, maka Anda akan kehilangan lebih dari 500 kilo kalori per hari dan ini bisa dikembalikan dengan makan makanan yang bernutrisi dan menyehatkan.

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat mengembalikan energi, namun makanan ini tidak akan membuat Anda bertambah berat badan. 

Untuk menjaga tubuh ideal dan menghindari makan makanan yang berlemak, Anda perlu mengolah ikan tuna dengan baik. Jika ingin digoreng, Anda bisa menggunakan air fryer agar tidak menggunakan minyak. Bumbui ikan tuna dengan lada dan garam atau rempah-rempah lain sesuai selera dan masukkan ke air fryer. Setelah matang, sajikan diatas piring untuk berbuka.

Jika Anda ingin menggoreng ikan tuna dengan minyak, maka lebih baik menggunakan minyak zaitun karena lebih sehat. Cukup gunakan sedikit minyak zaitun di atas teflon dengan api sedang dan ikan salmon bisa digoreng.

Jika tidak ingin memasaknya dengan cara digoreng, Anda bisa memasaknya dengan cara dikukus sesuai selera. Sesuaikan bumbu dengan selera Anda agar menu berbuka puasa lebih istimewa.

3. Salad Buah

Salad Buah - Kalori yang Hilang

Salad buah menjadi menu sehat bagi Anda yang ingin mengembalikan berapa kalori yang hilang saat puasa. Salad buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan sekaligus menjaga keseimbangan berat badan tubuh.

Salad buah tidak banyak mengandung kalori sehingga Anda akan tenang memilih menu ini untuk berbuka seluruh keluarga. Untuk membuat salad buah pun cukup mudah. Anda hanya perlu memotong-motong buah bentuk bulat atau dadu. Lalu tambahkan yoghurt dan madu. Setelah itu, Anda bisa mengaduknya dengan rata. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan parutan keju diatasnya.

Menu salad buah ini mengenyangkan sekaligus menyegarkan dan biasanya anak-anak pun suka sehingga Anda tidak perlu menyiapkan menu makanan yang berbeda untuk setiap anggota keluarga.

4. Alpukat

Alpukat - Kalori yang Hilang

Buah yang bisa mengembalikan berapa kalori yang hilang saat puasa dan sekaligus tidak menyebabkan berat badan bertambah adalah alpukat. Selain terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh, alpukat juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat bagus bagi tubuh dan tidak menyebabkan adanya penumpukan lemak. Jenis lemak ini bisa diserap baik oleh tubuh sehingga sangat bagus untuk menu buka sehat seluruh keluarga.

Untuk menyajikan alpukat sebagai menu berbuka puasa, Anda bisa membuatnya menjadi jus buah, salad buah, atau dimakan secara langsung. Jika digunakan sebagai jus, Anda bisa menambahkan madu atau susu agar rasanya lebih nikmat.

5. Kurma

Kurma - Kalori yang Hilang

Selain memiliki banyak nutrisi yang bagus, kurma juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga Anda melancarkan pencernaan. Selain itu, memakan kurma juga memiliki efek kenyang lebih lama sehingga sangat cocok untuk mengontrol nafsu makan.

Dengan memakan kurma, Anda akan merasakan energi Anda kembali dengan cepat. Tetapi, perlu diingat bahwa kurma juga mengandung gula yang tinggi sehingga perlu mengontrol jumlah kurma yang dimakan. 

Agar bisa tetap mempertahankan tubuh yang ideal, Anda bisa makan 3 atau 5 biji kurma saja. Setelah itu, Anda bisa minum air putih dan melanjutkan dengan shalat magrib. Untuk menu berat seperti nasi dan lauk pauk lain, Anda bisa memakannya setelah salat magrib agar perut merasa nyaman dan tidak terlalu penuh.

6. Telur

Telur - Kalori yang Hilang

Telur bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang bernutrisi dan menyehatkan sekaligus mengembalikan berapa kalori yang hilang saat puasa. Telur memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu banyak dan Anda bisa memasaknya dengan berbagai cara. Telur bisa direbus, digoreng, ataupun ditumis dengan campuran sayur-sayuran. 

Jika ingin digoreng, sebaiknya Anda gunakan sedikit minyak saja sehingga bisa tetap menjaga kesehatan. Jika ingin memasaknya dengan cara lain pastikan bahwa bumbu disesuaikan dengan selera menggunakan sedikit minyak saja agar tetap sehat dan Anda dapat menjaga berat badan saat puasa.

Cara Efektif Menjaga Berat Badan Tubuh Saat Puasa

Saat berpuasa, ada kecenderungan untuk makan makanan yang banyak setelah seharian tidak makan dan minum. Kecenderungan lain adalah minum minuman yang manis serta dingin. Jika hal ini berlanjut, maka ada kekhawatiran berat badan Anda akan naik secara drastis karena kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang hilang terbakar selama berpuasa.

Untuk jumlah berapa kalori yang hilang saat puasa memang bisa digantikan dengan makan makanan bergizi saat berbuka, namun jika jumlahnya berlebihan maka berat badan akan mudah sekali naik karena menu berbuka puasa banyak mengandung kalori.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap ideal selama menjalani puasa. Diantaranya adalah:

 

  • Mengontrol Menu Berbuka Puasa

Menu berbuka puasa seperti yang disebutkan diatas bisa menjadi pilihan menu sehat untuk Anda karena memiliki kandungan kalori yang rendah. Anda bisa memilih menu makanan yang sehat yang bisa mengembalikan kalori yang hilang namun tidak mengandung lemak jahat.

  • Berolahraga Ringan

Walaupun sedang berpuasa, Anda tetap bisa menjalankan olahraga yang ringan. Hal ini untuk menjaga kebugaran tubuh. Anda bisa menggunakan treadmill dan berjalan dengan kecepatan pelan untuk berolahraga ringan. Atau, Anda juga bisa melakukan yoga dengan gerakan yang tidak terlalu sulit.

  • Menghindari Makan Berlebih Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, sebaiknya Anda menghindari makan makanan berat secara langsung karena pencernaan di dalam perut bisa kaget dan tidak bisa berjalan dengan lancar. Agar pencernaan bisa beradaptasi setelah seharian berpuasa, Anda bisa makan makanan ringan atau buah-buahan sebagai menu pembuka dan setelah beberapa saat, Anda bisa makan menu utama. 

  • Hindari Ngemil di Malam Hari

Walaupun di siang hari Anda tidak diperbolehkan untuk makan dan minum, Anda perlu pahami bahwa di malam hari bukanlah waktunya untuk makan dan minum sepuasnya. Anda harus menghitung berapa kalori yang dibutuhkan dalam sehari dan berapa porsi makan yang seimbang.

Sebaiknya Anda menghindari ngemil makanan ringan yang memiliki kalori yang tinggi saat malam hari. Jika ingin ngemil, Anda bisa memilih snack sehat seperti fruit bar ataupun snack sehat lainnya. Dengan begitu, Anda bisa tetap mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Baca Juga: Program Diet Makan Sehat saat Puasa yang Wajib Diketahui

Dengan pemilihan menu buka puasa yang tepat, Anda bisa mengembalikan berapa kalori yang hilang saat puasa sekaligus tetap bisa mengontrol berat badan agar tetap ideal. Tetaplah jalani gaya hidup sehat agar bisa mempertahankan berat badan seimbang sekaligus menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari resiko berbagai penyakit.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup