Gaya HidupInspirasi

Percayalah! Sesederhana Ini Cara Mengatur Hidup yang Berantakan

Percayalah! Sesederhana Ini Cara Mengatur Hidup yang Berantakan

Ada banyak orang yang merasa sulit sekali mengatur hidup yang berantakan. Mereka sudah berusaha sekuat tenaga namun seolah-olah mereka tetap saja berada di dalam kehidupan yang carut marut. Pekerjaan yang tidak pernah selesai, masalah finansial yang terus berdatangan, kehidupan percintaan yang kacau balau, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Awet Muda Ala Korea

Apapun itu, banyak hal yang bisa membuat hidup kamu berantakan. Dan itu mempengaruhi kehidupan kamu secara keseluruhan. Kesehatan menurun, ekonomi memburuk, kehidupan sosial kurang bagus, dan lain-lain.

Apakah ada cara untuk memperbaiki kehidupan yang berantakan seperti ini? Tentu saja ada. Dan cara tersebut jelas terlihat. Hanya saja, terkadang orang yang kehidupannya sudah berantakan tidak bisa melihatnya. Pandangannya sudah tertutupi dengan carut-marut kehidupan sehari-hari. 

Jika kamu saat ini juga merasakan kehidupan tidak berjalan dengan baik, kamu perlu tahu bagaimana cara mengatur hidup yang berantakan. 

Hal Paling Awal yang Harus Kamu Lakukan dalam Mengatur Hidup Yang Berantakan

Sebenarnya, yang terjadi adalah ada masalah di dalam hidup kamu. Hanya saja, kamu tidak tahu masalah tersebut. Yang jelas, masalah tersebutlah yang menjadikan hidup kamu berantakan.

Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan identifikasi.  Apa masalah yang mempengaruhi hidup kamu. Terkadang ada satu masalah yang secara signifikan mempengaruhi kehidupan. Misalnya saja seorang karyawan kurang disiplin saat bekerja. Ia sering terlambat ke kantor dan pekerjaan sering tidak terselesaikan sesuai dengan deadline. Hal sepele ini bisa saja berpengaruh pada finansial rumah tangga, keharmonisan dengan pasangan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, satu hal yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi apa permasalahan yang membuat hidup kamu berantakan. Ini langkah awal yang penting saat kamu ingin mengatur hidup yang berantakan. 

Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan perbaikan. Tanpa melakukan identifikasi, kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan. Ini seperti motor yang tiba-tiba mogok. Kamu harus cari tahu dahulu apa yang membuat motor mogok, apakah karena bahan bakarnya habis, busi terbakar, atau mesin yang kotor. Setelah itu, kamu bisa mulai memperbaiki. Begitu juga ketika kamu ingin memperbaiki kehidupan yang berantakan.

Tips Mengatur Hidup agar Lebih Teratur

dalam Mengatur Hidup Yang Berantakan

Setelah kamu temukan masalah yang membuat kamu berantakan, tentu saja kamu harus melakukan perbaikan. Sayangnya, terkadang kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Contohnya saja kamu di kantor sering mendapatkan teguran dari atasan. Ternyata, kamu kurang disiplin dan pekerjaan selalu terlambat kamu selesaikan. Apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja kamu harus disiplin. Tapi bagaimana caranya mengatur hidup yang berantakan? Ini butuh tips khusus.

Apapun masalah yang kamu hadapi, kamu bisa mengatur hidup yang berantakan dengan menerapkan tips berikut ini:

1. Tentukan Tujuan Hidup

Tujuan Hidup - Mengatur Hidup

Sering kali orang yang mengatur hidup nya berantakan itu tidak memiliki tujuan hidup. Misalnya saja seseorang yang sudah bekerja dan memiliki keluarga tapi lebih sering mabuk-mabukan. Ini yang membuatnya tidak bisa menjaga karier dan juga memberikan perhatian kepada keluarga.

Maka dari itu, setiap orang seharusnya memiliki tujuan hidup. Dan tujuan hidup itu masih besar dan baik. Mungkin kamu ingin sekali memiliki keluarga yang bahagia dan sehat. Ini tujuan yang semua orang pasti inginkan. Maka kamu harus ingat terus tujuan hidup kamu. Sekali kamu lupa dan abai, kamu akan masuk ke dalam sebuah kehidupan yang kamu tidak mampu mengontrolnya. Hidup kamu terombang-ambing karena tidak ada arah pasti.

Untuk itu, kamu bisa mulai mencari dan menentukan apa sebenarnya yang ingin kamu dapatkan di dalam hidup ini. Jika kamu seorang siswa, kamu mungkin punya tujuan untuk lulus tepat waktu dan segera mendapatkan pekerjaan. Jika kamu seorang pebisnis, kamu mungkin ingin membesarkan bisnis yang sudah kamu rintis. Apapun itu tujuannya, kamu harus ingat terus menerus.

Ada yang menyarankan agar tujuan hidup harus dikatakan setiap hari. Ini sepele tapi sangat efektif untuk mengingatkan diri sendiri bahwa ada mimpi besar yang harus dicapai. Inilah yang menuntunmu ke jalan yang tepat.

2. Buat Tracking

Buat Tracking - Mengatur Hidup

Menentukan tujuan hidup menjadi langkah awal untuk mengatur hidup yang berantakan. Dan langkah tersebut harus dijaga agar tidak melenceng ke kanan atau ke kiri, melainkan lurus menuju ke satu titik tujuan. Untuk itu, kamu harus melakukan tracking atau pelacakan.

Caranya sederhana. Misalnya saja tujuan hidup kamu adalah untuk membahagiakan keluarga. Maka kamu harus melakukan tracking dengan membuat checklist seperti tabungan keluarga, asuransi, rumah, dan lain sebagainya. Checklist tersebut yang memandu kamu untuk tetap on the track menuju ke sebuah tujuan hidup.

3. Selalu Buat To Do List

Buat To Do List - Mengatur Hidup

Biasakan di pagi hari untuk membuat to do list. Ini daftar kegiatan atau pekerjaan yang harus kamu lakukan dari pagi hingga malam hari. Tentu tidak semua kegiatan harus kamu catat. Kamu hanya perlu mencatat pekerjaan penting yang sangat menentukan bagaimana hari tersebut kamu lewati dengan baik.

Dan pastikan setiap pekerjaan di to do list harian kamu selesaikan. Karena dengan cara ini, kamu tidak selalu menumpuk pekerjaan yang selalu kamu tunda. Menunda satu pekerjaan kecil setiap hari itu seperti membiarkan bola salju menggelinding. Pekerjaan semakin besar dan inilah yang membuat hidup kamu berantakan. Kamu merasa berat menjalani hidup dan semuanya kacau.

4. Mulailah dengan Hal Kecil

Kebiasaan bangun siang - Mengatur Hidup

Jika saat ini kamu baru memulai mengatur hidup yang berantakan, jangan berpikir hal yang besar. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya saja yang membuat hidup kamu berantakan adalah kebiasaan bangun siang. Karena ini membuat kamu terlambat ke tempat kerja dan pekerjaan kamu berantakan. Nah, kamu mulai saja dengan memaksakan diri untuk bisa bangun pagi. Lakukan terus menerus hingga beberapa hari ke depan sehingga bangun pagi menjadi kebiasaan.

Ketika kamu berhasil melakukan hal kecil tersebut, kamu akan merasa puas. Kamu mulai merasakan dampaknya. Mengatur hidup yang mulai terasa menyenangkan. Kemudian, kamu akan mulai ketagihan untuk melakukan hal lain. 

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat - Mengatur Hidup

Ketika hidup kamu berantakan, kemungkinan besar kondisi kesehatan kamu juga kurang bagus. Untuk itu, penting sekali untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Hindari melakukan hal yang memperburuk kondisi kesehatan, seperti merokok, nongkrong sampai larut malam, mabuk-mabukan, dan lain sebagainya. Ganti dengan melakukan hal yang baik. 

Konsumsilah makanan yang bergizi. Mulailah melakukan olahraga. Karena dengan tubuh yang sehat, pikiran juga menjadi sehat. Dan hidup bisa kamu jalani dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Gaya Hidup Minimalis Bukan Berarti Harus Selalu Berhemat

Mudah, bukan? Tidak ada yang sulit untuk mengatur hidup yang berantakan. Kamu hanya perlu melihat adanya celah kecil di mana kamu bisa menyaksikan hidup yang lebih menyenangkan. Pelan-pelan, kamu bisa menerapkan tips tersebut di atas dan rasakan perubahan yang kamu alami.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup