Gaya HidupInspirasiKesehatan

Cara Hidup Sehat dan Awet Muda yang Mudah Sekali untuk Kamu Terapkan

5 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda yang Mudah Sekali

Hampir semua orang menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan awet muda. Terutama para wanita. Namun, terkadang cara yang dilakukan kurang tepat. Padahal, cara hidup sehat dan awet muda itu mudah sekali untuk diterapkan.

Baca Juga: Tips Gaya Casual Wanita Sehari-Hari Namun Tetap Elegan

Lupakan dulu mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Termasuk juga obat-obatan herbal. Jangan percaya juga dengan produk perawatan kulit yang katanya bisa membuat kamu terlihat awet muda. Karena mengandalkan alat-alat semacam itu tidaklah cukup. Apalagi kulit yang terlihat awet muda itu tidak hanya dipengaruhi oleh produk tertentu saja.

Sehat dan awet muda itu dua hal yang saling berkaitan. Makanya, kamu perlu tahu bagaimana cara hidup sehat dan awet muda yang kamu bisa terapkan begitu mudah.  

5 Hal Penting agar Sehat dan Awet Muda

Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan agar bisa tetap sehat dan awet muda? Tidak banyak kok yang perlu kamu lakukan. Kamu hanya perlu melakukan 5 hal berikut ini secara rutin.

1. Pola Makan Harus Dijaga

Pola Makan - Awet Muda

Sangat klise, bukan? Tapi, benar lho. Pola makan yang baik harus dijaga. Lalu, apa yang dimaksud dengan pola makan yang sehat? Tentu saja pola makan yang sesuai dengan anjuran dokter. Kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan yang mahal. Yang penting, kamu cukup mengkonsumsi sayuran dan daging. Jangan hanya mengkonsumsi satu jenis makanan yang hanya mengandung kandungan yang sama terus menerus. Usahakan agar kamu mengkonsumsi jenis makanan yang berbeda.

Khusus untuk tubuh yang sehat dan awet muda, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Jangan salah. Omega 3 tidak hanya diperlukan oleh bayi atau balita lho. Orang dewasa juga memerlukannya. 

Makanan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk kulit dan jantung. Bukankah kulit dan jantung harus dijaga agar sehat dan awet muda?

Ada banyak sekali makanan yang mengandung omega 3. Yang paling mudah adalah ikan. Hampir semua ikan yang berasal dari laut mengandung omega 3. Jika kamu ingin mendapatkan omega 3 dalam jumlah yang banyak, kamu bisa mengkonsumsi ikan salmon. Tidak hanya ikan saja yang mengandung omega 3. Ada juga dari bahan makanan yang lain seperti walnut dan biji-bijian.

Tentu saja kamu tidak perlu terus menerus mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Namun, jika kamu ingin menerapkan cara hidup sehat dan awet muda, setidaknya ada satu atau dua hari dalam satu minggu di mana kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3.

Makanan dengan kandungan yang lain juga perlu, terutama protein yang baik. Jadi, pastikan kamu tinggalkan makanan yang kurang sehat seperti fast food. Lalu ganti dengan makanan yang sehat seperti daging, ikan, dan sayur-sayuran.

2. Melakukan Perawatan Tubuh yang Penting

Perawatan Tubuh - Awet Muda

Nutrisi untuk tubuh sangat penting. Begitu juga nutrisi untuk kulit. Ini lebih kepada bagaimana penampilan kamu terlihat awet muda. Kulit kamu harus terlihat kencang, bersih, lembut, dan segar.

Jangan hanya merawat kulit wajah saja ya. Perawatan tubuh secara keseluruhan juga perlu kamu lakukan. Namun, kamu tidak perlu terus menerus ke beauty center. Kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Sederhana sekali. Pastikan kamu mengoleskan tabir surya di pagi hari. Terutama ketika kamu berencana melakukan aktivitas di luar ruangan. Lalu, aplikasikan juga pelembab kulit agar kulit selalu terjaga kelembabannya.

Apakah perlu menggunakan kosmetik lainnya? Silakan saja. Hanya saja, sangat tidak disarankan kamu menggunakan terlalu banyak kosmetik atau kosmetik yang terlalu tebal. Karena sebenarnya krim dan tabir surya saja sudah sangat cukup.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Istirahat Cukup - Awet Muda

Apakah ada kaitannya antara cara hidup sehat dan awet muda dengan kesehatan mental? Sekilas memang tidak ada kaitannya. Akan tetapi, ada penjelasan yang menunjukkan bahwa keduanya itu saling berkaitan.

Coba kamu perhatikan kondisi orang yang sering stres. Apakah kesehatan fisik dan penampilannya terpengaruh? Biasanya, orang yang sering stres itu terlihat kurang bersemangat. Kulit, terutama kulit wajah, terlihat kering. Muncul tanda-tanda kurang sehat di sekitar wajah seperti mata panda. 

Maka dari itu, menjaga kesehatan mental itu sangat penting sekali. Lalu, bagaimana caranya? Sebenarnya mudah sekali. Kamu harus menyeimbangkan hidup. Atur waktu untuk bekerja dan waktu untuk istirahat. Jangan forsir diri sendiri untuk terus bekerja karena tubuh juga butuh istirahat. 

Tidurlah setidaknya 8 jam setiap hari. Lakukan rekreasi rutin, misalnya sehari dalam satu minggu. Dengan membagi waktu untuk bekerja dan istirahat seperti itu, maka kesehatan mental akan terjaga. Dan ini cara hidup sehat dan awet muda yang paling ditekankan. Karena sebenarnya kesehatan mental itu berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

4. Perhatikan Gaya Hidup

Berjemur di Pagi Hari - Awet Muda

Ini mungkin tips hidup sehat dan awet muda yang paling sering kamu dengar. Akan tetapi, cara menerapkannya sangat sulit.

Menerapkan gaya hidup yang sehat sekarang ini sangat sulit. Lihat saja lebih banyak mana orang yang menghabiskan waktu luang untuk olahraga dengan main gadget. Belum lagi dengan kebiasaan nongkrong hingga larut malam ditemani dengan minuman beralkohol. Itu sekarang menjadi gaya hidup yang lazim dilakukan. Hanya saja, menurut ahli medis, itu gaya hidup yang kurang sehat.

Jika ingin menerapkan cara hidup sehat dan awet muda, kamu harus mulai merestart gaya hidup kamu selama ini. Mulailah dengan menerapkan gaya hidup sehat layaknya orang tua di zaman dahulu. Bangun pagi sebelum matahari terbit. Mandi lalu makan sarapan yang bergizi. Mulailah beraktivitas hingga sore hari. Di malam hari, jangan sampai tidur larut malam karena kamu harus bisa bangun di pagi hari. Lakukan olahraga secara rutin. Atau setidaknya biasakan diri untuk jalan kaki. Jangan terlalu mengandalkan kendaraan bermotor.

5. Olahraga yang Tepat

Olahraga - Awet Muda

Apa olahraga yang tepat agar sehat dan awet muda? Agar sehat, olahraga yang harus kamu lakukan adalah olahraga yang menyehatkan jantung. Seperti contoh berenang, jogging, dan bersepeda. Sementara itu, agar awet muda, kamu bisa memilih olahraga yang bisa mengencangkan otot.

Kedua jenis olahraga tersebut harus diseimbangkan. Kamu bisa membuat jadwal jogging entah itu dua kali setiap hari. Kemudian, kamu bisa pergi ke gym untuk melakukan olahraga yang bisa memperkuat otot di saat weekend tiba.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin awet muda dan selalu dalam keadaan sehat. Dua hal ini sangat mahal sekali. Lihat saja banyak orang sukses dengan uang melimpah tapi harus bolak balik ke rumah sakit.

Baca Juga: Benarkah Musik Menenangkan Pikiran? Pahami Fakta-Faktanya

Jika kamu menerapkan langkah-langkah cara hidup sehat dan awet muda seperti yang dijelaskan di atas, hidup kamu akan lebih bahagia. Karena hanya dengan memiliki tubuh sehat yang bisa membuat kamu menikmati hidup. Dan sebenarnya tidak sulit untuk bisa memiliki tubuh yang sehat sekaligus awet muda.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup