Gaya HidupKesehatan

Gaya Hidup Sehat Selama Pandemi Bukan Sekedar Cuci Tangan dan Pakai Masker

4 Gaya Hidup Sehat Pandemi Cuci Tangan dan Pakai Masker

Sudah banyak yang tahu bagaimana gaya hidup sehat selama pandemi. Kebanyakan sudah menerapkan cuci tangan pakai sabun serta pakai masker. Namun, apakah hanya itu saja?

Sebenarnya, cuci tangan pakai sabun serta pakai masker itu hanya sebagai langkah pencegahan saja. Padahal, yang paling penting adalah bagaimana tubuh kuat jika diserang oleh virus Covid-19.

Baca Juga: Tempat Terkenal di Malaysia yang Wajib Kamu Datangi

Sama seperti penyakit atau virus lainnya. Di mana-mana ada virus. Dan tubuh yang kuat adalah tubuh yang bisa melawan virus jika masuk ke dalam tubuh.

Lalu, apa gunanya pakai masker? Memang ini juga cara untuk mencegah tertular. Lebih dari itu, masker itu lebih kepada pencegahan jangan-jangan kamu membawa virus namun tubuh kamu kebal dan menularkan kepada orang lain yang lebih rentan.

Itulah mengapa pemerintah sangat menekankan agar masyarakat menerapkan gaya hidup sehat selama pandemi dengan cara pakai masker ke mana saja. Tujuan utamanya agar kamu tidak menularkan virus ke orang lain jika ternyata kamu membawa virus.

Fokus Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Tidak ada yang tahu pandemi Covid-19 kapan akan berakhir. Ada yang bilang virus ini akan menjadi endemik seperti flu. Artinya, virus ini akan terus ada. Jika memang itu yang terjadi, masyarakat wajib melakukan langkah waspada seperti menerapkan gaya hidup sehat selama pandemi. 

Begitu juga dengan langkah lainnya seperti vaksinasi. Akan tetapi, yang paling penting adalah bagaimana membuat tubuh semakin kuat. Karena jika benar virus ini akan menjadi endemik, mau tidak mau tubuh harus semakin kuat agar tubuh mampu menyerang virus ketika masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan:

1. Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Tetap Melakukan Aktivitas - Gaya Hidup Sehat

Tidak ada alasan untuk terus berada di rumah meskipun itu disarankan. Akan tetapi, jika kamu harus bekerja atau beraktivitas di luar, sebaiknya lakukan saja. Dengan satu syarat, yaitu menerapkan protokol gaya hidup sehat yang ketat.

Biasanya untuk memakai masker, terutama ketika bertemu dengan orang di luar rumah. Cucilah tangan sesering mungkin. Atau setidaknya bawalah hand sanitizer untuk membunuh virus yang mungkin menempel di tangan. Jaga jarak dengan orang lain, terutama orang yang kamu tidak kenal.

Setelah pulang dari aktivitas, usahakan untuk membersihkan diri sebelum bertemu dengan anggota keluarga. Lepaskan semua pakaian dan cuci pakaian tersebut. Mandi hingga bersih. Pakai baju yang baru dan silahkan bertemu dengan anggota keluarga.

2. Olahraga Lebih Ditingkatkan

 

Tetap Olahraga - Gaya Hidup Sehat

Olahraga seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehat selama pandemi yang harus lebih ditekankan. Karena olahraga merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga bisa kamu lakukan di mana saja. Kamu bisa berolahraga di rumah. Lakukan sit up, push up, dan juga gerakan sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan di rumah sendiri.

Tidak ada larangan juga jika kamu berolahraga di luar ruangan. Kamu bisa bersepeda, jogging, atau sekedar jalan santai di ruang terbuka di kota kamu. Atau, kamu juga bisa pergi ke gym. Hanya saja, pastikan gym yang kamu pilih menerapkan protokol gaya hidup sehat yang ketat. Hanya ada 50% dari kapasitas gym dan ruangan serta alat gym selalu dibersihkan secara berkala.

Selama olahraga, kamu tidak perlu memakai masker. Apalagi jika kamu melakukan olahraga yang berat seperti jogging. Hanya saja, segera kenakan masker setelah selesai berolahraga.

3. Tidur Berkualitas

Tidur Kualitas - Gaya Hidup Sehat

Apa itu tidur berkualitas? Secara mudahnya, tidur berkualitas itu adalah tidur nyenyak. Karena hanya dengan tidur nyenyak, tubuh kamu benar-benar bisa beristirahat. Proses regenerasi sel bisa dilakukan dengan cepat.

Lain hal jika kamu tidur tidak pulas atau tidak nyenyak. Bukannya tubuh terasa fresh setelah bangun tapi justru merasa lemas, tidak semangat. Dan proses regenerasi sel pun tidak berjalan dengan baik.

Tidur yang berkualitas itu sangat mudah. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Yang pertama, jangan membuka gadget. Matikan smartphone kamu saat akan tidur. Membiasakan buka smartphone apalagi scrolling media sosial membuat tidur kamu terganggu.

Yang kedua, tenangkan pikiran. Sebelum tidur, jangan memikirkan pekerjaan atau deadline yang segera harus diselesaikan. Pikiran harus tenang dan segeralah tidur. Yang ketiga, pastikan tempat tidur bersih. Karena terkadang tempat tidur yang kotor, apalagi ada kutunya, bisa membuat kamu terbangun dan tidur tidak nyenyak.

4. Perhatikan Asupan Gizi Harian

Mengkonsumsi Minuman yang Bergizi - Gaya Hidup Sehat

Ini juga harus jadi gaya hidup sehat selama pandemi. Kurangi atau jika perlu tinggalkan makanan yang kurang sehat seperti fast food. Ini merupakan jenis makanan yang rendah gizinya, tinggal lemak dan minyaknya. Ganti dengan menu makanan yang bergizi.

Mulailah membiasakan selalu mengkonsumsi sayuran hijau di setiap makan. Perbanyak makan makanan yang mengandung protein tinggi. Lengkapi dengan mengkonsumsi minuman bergizi seperti jus buat atau susu. Dengan cara ini, kebutuhan gizi seimbang tubuh kamu terpenuhi. Dan inilah modal paling penting agar sistem kekebalan tubuh kamu meningkat.

Mungkin kamu sudah merasa menerapkan gaya hidup sehat selama pandemi. Dan itu sangat bagus. Kamu harus terus mempertahankan menjalankan gaya hidup sehat seperti itu. Karena konsistensi yang paling diperlukan mengingat tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir.

Melindungi Diri Tidak Perlu Berlebihan

Mungkin kamu sering bertemu dengan orang-orang yang berlebihan dalam mencegah penularan virus Covid-19. Misalnya saja mereka sama sekali tidak mau keluar rumah dan bertemu dengan orang lain. 

Sebenarnya, melindungi diri itu sangat penting. Hanya saja, itu tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta jaga jarak itu sudah lebih dari cukup.

Terlalu berlebihan untuk melindungi diri dari tertular virus justru membuat pikiran dipenuhi oleh pikiran negatif. Lebih banyak ketakutan daripada rasa nyaman. Padahal, pikiran yang negatif itulah yang justru membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Justru yang harus dilakukan adalah memastikan pikiran selalu positif. Tentu saja dengan mengindahkan protokol gaya hidup sehat. Karena dengan cara ini, kamu akan lebih memikirkan bagaimana menjaga dan meningkatkan kesehatan, bukan bagaimana tidak tertular penyakit. 

Ini dua hal yang berbeda. Jika kamu memikirkan bagaimana meningkatkan gaya hidup sehat dan daya tahan tubuh, pikiran kamu akan selalu positif. Kamu tidak terlalu khawatir dengan banyak hal. Semua aktivitas juga positif. Kamu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

Sementara itu, jika kamu hanya fokus pada penyakit, kamu hanya akan mengalami ketakutan. Dan tidak ada ruang atau hanya ada ruang sedikit yang digunakan untuk memikirkan bagaimana membuat tubuh menjadi gaya hidup sehat.

Baca Juga: Inilah Urutan Make Up Yang Benar Untuk Kulit Berminyak!

Gaya hidup sehat selama pandemi harus dilakukan secara konsisten. Dan itu harus menjadi kebiasaan mulai dari sekarang hingga nanti. Karena virus corona ataupun virus lainnya itu ada di luar sana. Kamu tidak bisa selalu berdiam diri di dalam rumah. Yang harus kamu lakukan adalah memastikan tubuh semakin kuat sehingga ketika terjangkit virus, tubuh bisa melakukan perlawanan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup