Gaya HidupInspirasi

Gaya Hidup Minimalis Bukan Berarti Harus Selalu Berhemat Lho

Gaya Hidup Minimalis Bukan Berarti Harus Selalu Berhemat Lho

Apakah kamu tahu apa itu gaya hidup minimalis? Sayangnya, tidak banyak yang tahu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Mereka umumnya hanya menebak. Dan banyak yang salah menebak.

Baca Juga: Ini Dia List Wisata Edukasi Anak Terbaik di Tanah Air

Misalnya saja ada yang mengatakan bahwa hidup minimalis itu hidup hemat. Memang ada benarnya. Tapi tidak sepenuhnya benar. Karena banyak juga orang yang hidup minimalis tapi memiliki barang mewah.

Jadi, apa yang dimaksud dengan gaya hidup yang minimalis?

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

Cara paling mudah untuk mengetahui apa hidup minimalis adalah dengan membandingkan dengan gaya hidup konsumerisme. Istilah yang kedua ini ditujukan pada orang yang suka sekali belanja. Mereka suka menghabiskan uang, entah itu untuk hal hal-hal yang dibutuhkan atau hanya yang disukai.

Hanya saja, tidak tepat jika gaya hidup minimalis itu gaya hidup di mana kamu menghindari kebiasaan membeli barang. Memang gaya hidup ini membuat kamu berhemat. Tapi bukan itu maksud yang sebenarnya.

Orang Jepang adalah orang yang paling banyak menerapkan gaya hidup yang minimalis ini. Dan kamu bisa lihat apa yang mereka lakukan. Mereka sangat kaya. Banyak juga yang membeli barang-barang yang harganya mahal.

Gaya Hidup Minimalis

Yang harus kamu tanyakan adalah apa yang membuat mereka mau membeli barang yang mahal? Jawabannya adalah karena mereka butuh. Jadi, gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup di mana kamu tahu apa yang kamu butuhkan. Kamu membeli barang yang benar-benar penting. Sekalipun itu harganya mahal, kamu berusaha sebisa mungkin untuk bisa mendapatkan barang tersebut.

Disisi lain, kamu sama sekali tidak memiliki hasrat untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Sekalipun itu harganya sangat murah atau sedang sale, kamu tidak ingin menghabiskan uang untuk barang tersebut. Kenapa? Karena kamu tidak membutuhkannya. 

Jadi, gaya hidup yang minimalis merupakan gaya hidup di mana kamu bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Kamu akan hanya fokus pada hal yang kamu butuhkan dan tidak terlalu memikirkan apa yang kamu inginkan. Karena sering kali apa yang kamu inginkan itu bukan yang kamu butuhkan.

Tips Menjadi Orang dengan Gaya Hidup yang Minimalis

Mau menerapkan gaya hidup minimalis? Sebenarnya sangat mudah. Contoh saja orang Jepang. Tentu tidak semuanya menerapkan gaya hidup yang minimalis. Akan tetapi, secara umum mereka memiliki prinsip hidup seperti itu. 

Kamu bisa lihat jalan di Jepang dipenuhi dengan pejalan kaki. Mengapa? Selain agar mereka bergerak dan sehat, mereka sebenarnya menerapkan minimalism lifestyle. Gaji pegawai di Jepang sangat tinggi. Bisa saja mereka membeli mobil. Akan tetapi, mereka tidak begitu merasa kendaraan pribadi itu penting. Sudah ada alat transportasi umum yang bisa dimanfaatkan.

Lihat juga bagaimana rumah mereka. Rumah di Jepang tidak begitu besar dan luas. Bahkan, terkadang rumahnya kecil yang hanya diisi dengan peralatan seadanya saja. Karena memang itulah yang mereka butuhkan.

Nah, kamu juga bisa mempraktekkan gaya hidup minimalis tersebut. Tentu saja kamu harus sesuaikan dengan kondisi dan situasi di sini. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan: 

1. Beli Barang Berkualitas Meskipun Itu Mahal

Barang Berkualitas - Gaya hidup minimalis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hidup minimalis tidak membuat kamu harus super duper berhemat. Ketika kamu membeli barang mahal, itu juga tetap gaya hidup minimalis. Dengan satu syarat. Barang tersebut memang berkualitas dan kamu benar-benar membutuhkannya.

Misalnya saja kamu seorang desainer. Tentu kamu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Harganya bisa mencapai belasan atau bahkan puluhan juta. Karena komputer semacam itu yang kamu butuhkan, kamu harus beli. Dan itu bukan berarti kamu konsumtif.

2. Rajin Merawat apa yang Sudah Dimiliki

Rajin Merawat Barang - Gaya hidup minimalis

Orang dengan gaya hidup minimalis tidak suka membeli barang baru. Ketika barang yang lama masih bisa digunakan, maka tidak akan ada niat untuk membeli yang baru.

Tips yang satu ini ada kaitannya dengan tips yang pertama. Ketika kamu membeli barang yang berkualitas, biasanya barang tersebut tahan lama. Dan karena harganya mahal, ada keinginan untuk merawat dengan baik. Berbeda jika harganya murah. Benar, kan?

Jadi, orang dengan gaya hidup minimalis itu memiliki beberapa barang saja tapi berkualitas dan harganya mahal. Mereka akan dengan serius merawat agar barang tidak rusak. Barang bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama.

3. Sering Memberikan Barang Kepada Orang Lain

Memberikan barang - Gaya hidup minimalis

Seseorang yang minimalis itu tidak suka memiliki terlalu banyak barang. Mereka tidak ingin rumahnya penuh dengan barang-barang. Bahkan, jumlah pakaian yang ada di lemari sangat limited. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Makanya, ketika mereka membeli barang baru, ada dua kemungkinan. Yang pertama, barang yang lama sudah rusak dan tidak bisa lagi digunakan. Yang kedua, barang yang lama masih cukup bagus tapi butuh upgrade. Barang lama tidak disimpan, melainkan diberikan atau disumbangkan kepada orang lain. 

Prinsipnya sama, yaitu mereka tidak ingin rumah penuh dengan terlalu banyak barang. Karena selain bisa memenuhi ruangan, mereka juga tidak ingin meluangkan terlalu banyak waktu untuk mengurus barang-barang. Mereka yang menerapkan gaya hidup minimalis sebenarnya ingin menikmati hidup, tidak ingin hidupnya terasa merepotkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba praktikkan. 

Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Beberapa orang menganggap bahwa cara agar hidup hemat itu dengan memilih gaya hidup yang minimalis. Memang itu anggapan yang tidak salah. Namun, lebih dari itu yang kamu dapatkan setelah menerapkan gaya hidup ini.

Setiap orang pasti ingin hidup bahagia. Memang konsep kebahagiaan yang itu berbeda-beda. Akan tetapi, semua orang pasti sepakat bahagia itu ketika mereka bisa menikmati hidup. Percuma saja punya banyak uang tapi sakit-sakitan. Itu artinya tidak menikmati hidup.

Dan saat kamu menerapkan gaya hidup yang minimalis, ada kesempatan di mana kamu bisa menikmati hidup. Kamu tidak terus berpikir untuk membeli barang mewah yang sebenarnya kamu tidak butuhkan. 

Sering kali orang ingin membeli mobil mewah, misalnya. Hingga akhirnya mereka harus berusaha sekuat tenaga, mulai hutang, mengambil kredit, dan lain sebagainya. Mereka justru tidak menikmati mobil mewah tersebut karena merasa berat dengan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Jadi, jika kamu ingin bahagia, ini cara yang paling mudah untuk kamu lakukan. Jalani hidup dengan cara minimalis. Karena ada kesadaran penuh tentang siapa diri kamu dan apa yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Tips Menabung Milenial agar Cepat Financial Freedom

Kamu bisa mulai praktekkan gaya hidup minimalis ini dengan hal yang sederhana. Stop keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Ini langkah kecil yang sangat efektif agar kamu bisa menerapkan gaya hidup yang minimalis ini. Selain itu, kamu juga harus hidup di circle pertemanan atau keluarga yang juga menerapkan gaya hidup yang sama. Karena bagaimanapun juga siapa yang ada di sekitar mempengaruhi terhadap apa yang kamu lakukan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup