Gaya HidupInspirasiTravelTravelingWisata

Menakjubkan! Warga Desa Sulap Sawah Jadi Tempat Wisata

3 Sawah Jadi Tempat Wisata Menakjubkan! Warga Desa Sulap

Siapa sangka jika ternyata area persawahan bisa menjadi tempat wisata yang sangat indah. Di Magelang, ada warga yang berhasil sulap sawah jadi tempat wisata. Tepatnya di Desa Borobudur. Terdapat area persawahan luas yang dijadikan tempat untuk wisata. Banyak anak-anak muda yang tertarik setelah melihat foto serta video area tersebut. Para wisatawan pun akhirnya berdatangan.

Baca Juga: Cara Liburan Murah di Raja Ampat Ini

Belum lagi ada promo tiket yang sering diberikan. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, terkadang pengelola hanya menarik tiket sebesar Rp 25.000. Ini tiket promo. Bukan tidak mungkin harga tiket akan melambung tinggi ketika obyek wisata ditata semakin baik dan semakin banyak wisatawan berdatangan.

Latar Belakang Menyulap Sawah Jadi Tempat Wisata

Latar Belakang Menyulap Sawah Jadi Tempat Wisata

Awalnya, ide membuat sawah jadi tempat wisata ini diragukan banyak orang. Apalagi daerahnya di sekitar Candi Borobudur. Sudah banyak sekali obyek wisata yang jauh lebih menarik. Ada Candi, desa wisata, pusat pembuatan kerajinan, dan lain sebagainya.

Namun, justru hal tersebut yang membuat muncul ide sulap sawah jadi tempat wisata. Para founder tidak ingin bersaing dengan tempat wisata yang sudah ada. Di sekitar Candi Borobudur, sudah banyak sekali fasilitas wisata. Yang paling banyak adalah penginapan dan juga restoran.

Yang belum ada adalah membuat atraksi atau tempat yang menarik untuk berwisata. Makanya, founder bersama warga Desa Borobudur menyulap sawah jadi tempat wisata.

Tempat ini dinamakan dengan Svarga Bumi. Seperti namanya, pengelola ingin menjadikan area persawahan yang hijau seperti surga. Orang yang berwisata di sana bisa pulang dengan pikiran yang fresh karena mereka sudah berada di surga.

Modelnya kerja sama. Jadi, pengelola tempat wisata menyewa beberapa petak sawah. Hanya saja, petani juga bisa tetap menanam sawah, mengelola, dan juga memanennya walaupun sudah sawah jadi tempat wisata. Bahkan, pengelola membantu petani dengan cara menyiapkan irigasi yang baik. Karena bagaimanapun juga tempat wisata ini tidak akan menarik ketika sawah tidak hijau.

Di tempat sawah jadi tempat wisata ini, sudah disediakan jalan setapak yang tepat di atas persawahan. Ada juga tempat untuk foto selfie yang disertai dengan tempat berteduh. Kamu bisa berkeliling hamparan sawah yang luas tanpa harus membuat kaki kotor. Karena sudah ada jalan setapak yang tingginya sama dengan tinggi sawah yang siap panen. 

Jalan setapak tersebut berbelok-belok. Warnanya putih. Sama seperti payung dan juga tempat berteduh yang juga dicat dengan warna putih. Ini yang membuat obyek wisata ini sangat menarik ketika difoto dari atas menggunakan drone.

Waktu Terbaik untuk Berwisata di Svarga Bumi

Waktu Terbaik untuk Berwisata di Svarga Bumi

Karena ini lahan persawahan, maka waktu yang terbaik untuk datang ke tempat ini adalah ketika sawah masih berwarna hijau. Hindari berkunjung di tempat ini saat musim kemarau. Kemungkinan besar sawah sudah menguning atau bahkan padi sudah dipanen. 

Selain itu, Desa Borobudur ini sangat panas. Jika kamu pernah ke Borobudur, kamu pasti pernah merasakan sengatan matahari yang begitu panas. Begitu juga dengan tempat ini. Cuacanya begitu panas. Alangkah baiknya kamu datang di pagi atau di sore hari. jangan di siang hari.

Sawah jadi tempat wisata dan hindari juga datang di saat musim hujan tiba. Waktu terbaik adalah ketika musim peralihan antara musim hujan dengan musim kemarau. Padi sudah mulai hijau dan udara tidak begitu panas.

Kamu bisa buktikan keindahan obyek wisata ini. Ini merupakan bukti anak muda desa yang sudah sulap sawah jadi tempat wisata. Dan bukan tidak mungkin akan ada tempat lain yang dikembangkan dengan konsep serupa. 

Pada dasarnya, ini wisata yang sangat baik. Bagi petani, ada nilai tambah. Mereka tidak hanya mendapatkan uang dari hasil panen tapi juga kerja sama dengan pengelola. Di sisi wisatawan, ini menjadi tempat edukasi yang menarik.

Tips Berwisata di Svarga Bumi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lokasi persawahan yang disulap menjadi tempat wisata ini berada di Desa Borobudur. Dan kamu harus tahu ada banyak tempat wisata yang ada di sekitar. Berikut ini rangkaian wisata di sekitar Borobudur yang bisa kamu lakukan:

1. Lihat Sunrise di Punthuk Setumbu

Lihat Sunrise di Punthuk Setumbu - sawah jadi tempat wisata

Pernah melihat film AADC 2? Ada scene di mana Rangga dan Cinta melihat sunrise di sebuah bangunan tua. Itulah yang dinamakan Punthuk Setumbu. Setelah adanya film tersebut, tempat ini menjadi sangat ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat sunrise. Jadi, puncak Candi Borobudur tidak lagi menjadi satu-satunya tempat untuk melihat sunrise di tempat ini.

Kamu bisa mulai explore Borobudur dengan cara mengunjungi Punthuk Setumbu. Pastikan kamu sampai disana sekitar jam 5 agar kamu tidak ketinggal melihat indahnya sunrise dari puncak bangunan gereja tua berbentuk ayam.

2. Berwisata ke Svarga Bumi

Berwisata ke Svarga Bumi - sawah jadi tempat wisata

Setelah dari Punthuk Setumbu, kamu bisa langsung ke Svarga Bumi. Ketika masih pagi, kamu tidak akan merasa kepanasan untuk berada di tengah area persawahan yang kini jadi tempat wisata tersebut.

Kamu bisa habiskan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam di sana. Puaskan dengan cara mengambil foto selfie. Ada beberapa spot foto yang kamu bisa coba.

3. Berwisata ke Candi Borobudur

Berwisata ke Candi Borobudur - sawah jadi tempat wisata

Karena sudah sampai Desa Borobudur, rasanya kurang sempurna jika belum ke Candi. Namun, pastikan kamu mengisi perut dulu. Ada banyak sekali restoran dan juga warung di sekitar Candi. Isi tenaga terlebih dahulu karena tenaga tersebut akan kamu butuhkan untuk bisa naik ke puncak Candi Borobudur.

Nah, itulah rencana perjalanan ke Svarga Bumi yang bisa kamu lakukan. Jadi, kapan kamu akan traveling ke tempat tersebut? 

Lokasi Wisata Svarga Bumi 

Sebenarnya, tidak sulit untuk mencapai tempat sawah jadi tempat wisata Svarga Bumi ini. Cukup gunakan Google Maps dan arahkan ke Candi Borobudur. Dari sana, kamu bisa cari lagi lokasi Svarga Bumi.

Dari pusat Kota Magelang, butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke sana. Jalan menuju ke lokasi juga sudah sangat bagus. Kecuali jika kamu datang ke sana saat peak season. Sudah bisa dipastikan jalan menuju ke Desa Borobudur macet total

Jika kamu hanya bisa kesana saat musim liburan tiba, sebaiknya kamu mulai perjalanan di malam hari. Pastikan kamu sudah mencapai area Desa Borobudur di pagi atau bahkan subuh. Kamu bisa ke Punthuk Setumbu terlebih dahulu baru kemudian kamu bisa ke Svarga Bumi.

Yang pasti, jika kamu terlalu siang, maka kemungkinan besar kamu akan terjebak kemacetan. Seperti yang sudah sering terjadi, banyak wisatawan yang menyerbu Borobudur, terutama di masa libur panjang tiba. Apalagi cerita tentang bagaimana warga sulap sawah jadi tempat wisata. Banyak orang yang ingin ke tempat ini. Tidak hanya ke Borobudur tapi juga melihat bagaimana sawah menjadi objek wisata.

Baca Juga: Catat! Ini Dia Ciri Benjolan Kanker Payudara

Kapanpun kamu berencana ke sana, pastikan kamu rencanakan secara matang. Tentukan kapan dan jam berapa kamu berangkat. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi menyedihkan karena kamu terjebak kemacetan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup