Gaya HidupInspirasiTren Fashion Terbaru

Budaya Hidup Sehat Pemanfaatan Waktu Luang yang Sebaiknya Kamu Lakukan

5 Budaya Hidup Sehat Pemanfaatan Waktu Luang

Beberapa orang merasa begitu tidak memiliki waktu karena pekerjaan yang begitu banyak. Dan ketika ada waktu luang, mereka menggunakannya dengan sama sekali tidak melakukan apapun. Akan lebih baik jika mereka menerapkan budaya hidup sehat pemanfaatan waktu luang. Karena dengan cara ini, waktu luang tidak hanya untuk refreshing tapi juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Menambah Berat Badan Ternyata Ada Lho Olahraganya

Bagaimana dengan kamu? Apa yang sering kamu lakukan ketika ada waktu luang? Apakah waktu luang kamu gunakan untuk melakukan sesuatu yang bagus untuk menjalankan budaya hidup sehat?

Tentu saja bukan berarti kamu harus mengisi waktu luang dengan olahraga. Kamu harus tahu budaya hidup sehat dalam menjaganya itu tidak hanya dengan olahraga lho. Ada kegiatan menyenangkan dan sederhana yang lebih asyik untuk kamu lakukan.

Waktu Luang Jangan Hanya Dibuang 

Cukup disayangkan ketika budaya hidup sehat pemanfaatan waktu luang tidak banyak diterapkan. Yang banyak dilakukan adalah membuang waktu luang begitu saja.

Contohnya saja mengisi waktu luang dengan cara bermain gadget. Tentu bukan hal yang salah. Akan tetapi, faktanya, seringkali orang lupa dengan waktu ketika bermain gadget. Apalagi jika sudah main game online. Waktu luang yang seharusnya 1 jam bisa menjadi 5 jam lebih. 

Dan apa yang terjadi? Kebanyakan orang lupa waktu. Waktu yang seharusnya digunakan untuk rehat justru dibuang begitu saja. Begadang hingga malam sudah menjadi kebiasaan. 

Dan apa yang terjadi? Waktu luang tidak hanya terbuang begitu saja tapi juga kondisi kesehatan semakin buruk. 

Jadi, bukan main gadget-nya yang salah. Ini yang harus menjadi catatan. Yang salah adalah kebiasaan bermain gadget di waktu luang yang sering kali kebablasan. Jika kamu termasuk orang yang belum bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik, kamu perlu tahu apa saja budaya hidup sehat pemanfaatan waktu luang.

Pemanfaatan Waktu yang Luang untuk Tingkatkan Budaya Hidup Sehat

Tahukah kamu orang-orang hebat dan sukses itu tidak selalu pintar lho. Mereka adalah orang yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Terutama waktu luang. Dan yang pasti, mereka memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki agar lebih produktif dan lebih sehat.

Berikut ini beberapa budaya hidup sehat pemanfaatan waktu luang yang bisa kamu lakukan:

1. Berwisata

Berwisata - Budaya Hidup Sehat

Di waktu luang, kamu bisa pergi ke tempat wisata. Bukan berarti kamu harus traveling ke luar kota ya. Kamu bisa pilih tempat rekreasi yang ada di sekitar. Pilih tempat yang paling kamu sukai. Jika kamu suka ke gunung, kamu bisa menuju ke desa terdekat di mana kamu bisa melihat gunung. Jika kamu suka bersantai di pantai, bawa saja tikar lalu kamu bisa bersantai di sana.

Jadi, berwisata tidak harus kamu lakukan di saat liburan tiba. Kamu bisa berwisata saat waktu luang tiba. Contohnya saja ketika hari jumat sore hari tiba. Kamu sudah selesai dengan pekerjaan selama 1 minggu. Sebelum kamu pulang, kamu bisa menyempatkan untuk ke pantai walaupun hanya sekedar melihat matahari terbenam. Refreshing membuat kamu tidak mudah stres. Budaya Hidup Sehat mental akan terjaga. Dan hal tersebut juga mempengaruhi kesehatan fisik secara umum.

2. Bergerak

Bergerak - Budaya Hidup Sehat

Punya waktu luang hanya sebentar? Tidak masalah. Kamu bisa pergi ke taman kota. Kamu bisa jalan-jalan di sana sambil mendengarkan podcast kesayangan kamu. 

Bergerak itu sebenarnya melatih otot agar tidak kuat dan tidak mudah mengalami cedera. Apalagi jika waktu kamu lebih banyak dihabiskan di atas kursi. Jelas otot bisa mudah cedera. Ciri-cirinya, kamu mudah merasa pegal.

Jika itu juga yang sering kamu alami, bergeraklah di waktu luang. Kamu bisa jalan-jalan di sekitar rumah kamu. Melatih otot dengan cara bergerak. Ini juga akan membuat sirkulasi darah semakin baik.

Jika kamu ingin kegiatan yang lebih menantang, kamu bisa bersepeda. Ini juga bergerak. Hanya saja, kamu menggunakan sepeda. Dengan sepeda, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang sedikit lebih jauh dari rumah. Dan ini tidak hanya sebagai cara untuk merenggangkan otot tapi juga sekaligus refreshing.

3. Istirahat

Beristirahat - Budaya Hidup Sehat

Jika kamu merasa lelah sekali karena tumpukan pekerjaan berhari-hari, isi waktu luang kamu dengan istirahat. Tapi, kamu harus benar-benar istirahat ya. Matikan handphone kamu. Tidak usah kamu menyalakan handphone apalagi scrolling media sosial. Karena jika kamu bermain gadget, kamu tidak sadar kalau kamu sudah terlalu lama berjelajah di dunia maya. Dan waktu luang kamu terbuang sia-sia.

Kamu bisa tidur. Matikan handphone. Matikan juga TV. Biarkan tubuh kamu benar-benar istirahat karena tubuh kamu juga berhak untuk berhenti sejenak, tidak melakukan apapun.

Saat kamu tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel yang rusak diganti dengan sel yang bagus. Dan inilah yang membuat tubuh kamu sehat. Lain hal jika kamu tidak tidur lelap. Tidak ada cukup waktu dan kesempatan bagi tubuh untuk melakukan proses regenerasi sel.

4. Membaca Buku

Membaca Buku - Budaya Hidup Sehat

Ini juga termasuk budaya hidup sehat dan baik yang bisa dilakukan di waktu luang. Membaca buku tidak hanya akan memperkaya wawasan. Membaca buku juga bisa mengaktifkan sel otak. Jaringan otak terus terkoneksi satu sama lain. Dan menurut penelitian, orang yang suka membaca buku tidak mudah pikun.

Mengapa? Karena saat ia membaca, otaknya terus bekerja. Kemampuan memorinya terus diasah. Inilah yang membuatnya tidak cepat pikun. Dan ketika otak sehat, kondisi tubuh lainnya juga biasanya sehat.

5. Melakukan Hobi Baru

Melakukan Hobi Baru - Budaya Hidup Sehat

Tidak ada salahnya jika kamu melakukan hobi di waktu luang. Dan bahkan ini sangat dianjurkan. Para ahli menyarankan agar ada setidaknya 10 persen waktu kamu harus luangkan untuk melakukan hobi. Meskipun itu hobi yang tidak produktif atau tidak menghasilkan, kamu harus melakukannya. Karena dengan melakukan hobi, kamu merasa lebih bahagia. Dan kebahagiaan itulah yang membuat pikiran dan tubuh kamu sehat.

Dalam hal ini, sebaiknya hobi yang kamu pilih adalah hobi yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan kegiatan setiap hari atau pekerjaan. Mengapa? Karena dengan melakukan hobi yang beda dengan pekerjaan, kamu merasa melakukan hal yang beda. Kamu tidak bosan atau jenuh karena hobi kamu beda dengan apa yang kamu lakukan setiap hari.

Nah, itulah beberapa budaya hidup sehat pemanfaatan waktu luang yang bisa kamu lakukan. Tentu tidak semuanya harus kamu lakukan. Pilih dan sesuaikan dengan kesukaan kamu.

Yang pasti, jangan sampai kamu terus menerus mengisi waktu luang dengan cara rebahan sambil scrolling media sosial. Selain tidak produktif, itu juga kegiatan yang kurang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga: Saran dari Dokter Jika Kamu Tetap Ingin Puasa Saat Hamil

Kamu pasti tidak ingin sakit. Dan cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan budaya hidup sehat pemanfaatan waktu luang. Dengan cara ini, kamu tidak merasa keberatan. Lain hal jika kamu diharuskan untuk makan makanan yang sehat, menghindari junk food, atau olahraga setiap hari. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan kebiasaan baik dan budaya hidup sehat di waktu sehat. Mudah, bukan?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup