Gaya HidupInspirasi

Mau Tahu Seperti Apa Diet yang Baik untuk Remaja?

Mau Tahu Seperti Apa 5 Diet yang Baik untuk Remaja?

Banyak sekali remaja perempuan yang melakukan diet. Tujuannya tidak lain adalah agar memiliki penampilan yang ok. Sayangnya, mereka tidak menerapkan diet yang baik untuk remaja. Bahkan, kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan obat-obatan khusus untuk diet.

Baca Juga: Budaya Hidup Sehat Pemanfaatan Waktu Luang

Tentu bukan tanpa alasan. Mereka ingin hasil yang instan. Mereka ingin segera memiliki tubuh yang langsing dan ideal tanpa harus bersusah payah. Akhirnya, mereka akan mencari obat diet, entah itu berupa pil, minuman, atau yang lain.

Apakah salah? Tentu tidak semua produk semacam itu salah. Hanya saja, lebih banyak produk diet yang baik justru membuat kondisi kesehatan memburuk. Nafsu makan hilang, tubuh lemas tak bertenaga, dan bahkan ada organ lain yang terganggu.

Jika kamu berniat untuk diet, ada baiknya kamu pelajari dulu bagaimana cara diet yang baik untuk remaja. Lupakan mengkonsumsi obat-obatan. Selain mahal, kamu juga belum tentu pasti apakah obat diet tersebut baik untuk kesehatan atau justru sebaliknya. 

Daripada menghabiskan uang yang tidak sedikit, akan lebih jika kamu pelajari tips diet yang baik untuk remaja. Karena tips berikut tidak membuat kamu menghabiskan banyak uang. Dan yang pasti, tips ini benar-benar baik untuk kamu generasi muda.

Kriteria Diet yang Baik dan Sehat 

Sebelum membahas tentang bagaimana sih cara diet yang baik untuk remaja, kamu perlu tahu dulu kriteria diet yang baik dan sehat. Secara umum, diet yang sehat itu memiliki dua kriteria. Yang pertama, program diet yang sehat itu bisa membakar lemak yang menyebabkan tubuh mengalami kegemukan. Dan yang kedua, program diet tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Sayangnya, kebanyakan produk diet itu tidak memenuhi kriteria yang kedua. Memang benar setelah diet dilakukan, tubuh menjadi langsing. Akan tetapi, ada risiko di mana terjadi masalah baru dalam kesehatan. Entah itu tubuh lemas, kulit menjadi terlihat kurang sehat karena kekurangan nutrisi, atau gangguan organ tubuh dalam.

Maka dari itu, jangan pernah percaya dengan produk diet yang menawarkan hasil yang instan. Apalagi jika ada janji tubuh langsing tanpa perlu olahraga. Ada kemungkinan itu tipu-tipu belaka.

Cara Diet yang Baik untuk Remaja

Nah, sekarang kita bahas ke pokok persoalan, yaitu tentang tips diet yang baik untuk remaja. Seperti apa diet tersebut? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

1. Makan Teratur

Makan Teratur - Diet yang Baik

Ini saran yang klise, bukan? Tapi ternyata ini sangat efektif jika kamu ingin menurunkan berat badan. Asal kamu tahu ya. Beberapa orang yang mengalami kenaikan berat badan yang signifikan itu disebabkan karena pola makan yang tidak teratur.

Seperti contoh. Kamu tidak terbiasa sarapan. Mungkin kamu tidak sempat karena harus segera bekerja. Hingga akhirnya kamu sering merasa kelaparan di siang hari. Apa yang terjadi? Kamu mengkonsumsi menu makan siang dalam jumlah yang banyak. Nah, disinilah salah satu penyebab kenaikan berat badan. Tubuh akan mendapatkan asupan kalori dan juga lemak yang begitu banyak. Sayangnya, tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk membakar lemak menjadi energi. Akibatnya, berat badan kamu bertambah.

Lain hal jika kamu menerapkan pola makan yang teratur. Di pagi hari, kamu sarapan meskipun hanya roti dan susu. Jadi, tubuh mendapatkan cukup energi. Saat makan siang tiba, tubuh tidak meminta makanan dalam jumlah yang banyak. Tubuh hanya butuh asupan gizi secukupnya. Kamu pun makan dalam porsi yang tidak berlebihan. Begitu juga dengan makan malam.

Jadi, salah satu cara diet yang baik untuk remaja adalah makan teratur. Jangan sampai kamu skip salah satu waktu di mana kamu harus makan. Makan sedikit tapi teratur itu lebih baik.

2. Mengurangi Asupan Gula Tambahan

Kurangi Asupan Gula - Diet yang Baik

Nah, ini juga sangat penting. Ketika kamu mulai terasa berat untuk bergerak karena berat badan naik signifikan, kamu tidak perlu mengurangi porsi makan. Yang kamu perlu lakukan adalah mengganti makanan yang mengandung gula dengan makanan dengan kandungan lainnya seperti protein.

Sebenarnya, bukan hanya makanan yang mengandung gula saja yang harus dikurangi. Kurangi juga minuman yang terlalu manis. Ganti minuman seperti teh manis atau bahkan soda dengan jus buah. Atau perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makan yang Mengandung Protein - Diet yang Baik

Banyak yang salah sangka mengenai diet. Mereka mengira agar berat badan turun, yang harus dilakukan adalah mengurangi makan. Atau bahkan makan hanya 1 kali setiap hari.

Yang benar adalah mengurangi makanan yang mengandung gula dan juga karbo. Tapi di saat yang sama, kamu harus menambah asupan nutrisi berupa protein. Mengapa demikian? Ada dua alasan. Yang pertama, protein akan membuat tubuh tetap semangat. Tidak lemas. Karena protein bisa diubah menjadi energi. 

Yang kedua, protein akan membuat otot lebih kuat. Ketika otot lebih kuat, tubuh juga menjadi lebih kuat. Tidak ada bagian tubuh yang kelebihan lemak.

Makanya, jika kamu ingin melakukan program diet, cobalah untuk membuat list makanan apa saja yang mengandung protein. Ganti makanan yang mengandung karbo dengan makanan dengan protein tinggi.

4. Mengurangi Karbo

Mengurangi Karbohidrat - Diet yang Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ganti karbo dengan protein. Pasalnya, makanan yang mengandung karbo itu bisa membuat tubuh gemuk. Itu artinya kurangi porsi nasi putih setiap hari. Perbanyak daging, telur, dan susu. Makanlah makanan seperti itu setiap hari. Lakukan secara rutin dan lihat perbedaannya.

5. Olahraga yang Terjadwal

Olahraga yang Terjadwal - Diet yang Baik

Nah, ini cara diet yang baik untuk remaja yang tak banyak dipraktikkan. Bagaimana cara menghilangkan lemak di tubuh? Tentu saja dengan cara membakarnya. Dan lemak bisa dibakar ketika kamu mau bergerak.

Maka dari itu, jangan langsung percaya dengan produk diet. Fokus saja untuk membakar lemak dengan cara berolahraga. Ini cara yang baik dan gratis. Kamu bisa jogging, lari cepat, bersepeda, berenang, atau aerobik. Pilih saja nama jenis olahraga yang paling kamu senangi.

Dan satu lagi. Pastikan kamu melakukan olahraga secara rutin. Lebih baik olahraga 15 menit setiap hari daripada kamu olahraga 30 menit tapi hanya sekali dalam satu minggu atau satu bulan.

Kamu harus tahu lemak itu dibutuhkan oleh tubuh. Untuk apa? Untuk diubah menjadi energi. Makanya, tetap saja kamu butuh makanan yang mengandung lemak.

Akan tetapi, terkadang lemak di dalam tubuh itu berlebihan. Hingga akhirnya lemak menumpuk dan menyebabkan berat badan bertambah. Untuk memastikan lemak tidak berlebihan, bakar dengan cara melakukan olahraga rutin. Dan sebenarnya, membiasakan diri berjalan kaki setiap hari itu sudah sangat cukup untuk membakar lemak lho. Namun, tetap saja kamu perlu melakukan olahraga rutin.

Baca Juga: Menambah Berat Badan Ternyata Ada Lho Olahraganya

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara diet yang baik untuk remaja? Sekarang, kamu perlu mempraktikkan dan buktikan sendiri. Karena diet itu harus sehat, bukan hanya untuk menurunkan berat badan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup