Gaya HidupInspirasiKesehatan

8 Tips Pola Hidup Sehat dan Cara Menjaga Pola Makan saat Puasa

8 Tips Pola Hidup Sehat dan Menjaga Pola Makan saat Puasa

Berpuasa di bulan suci Ramadhan artinya kita tidak makan tidak minum serta menjaga hawa nafsu dari mulai habis waktu sahur sampai berbuka puasa. Biasanya dalam pola hidup sehat, saat hendak memasuki waktu berbuka, rasa hati ingin makan ini dan itu seolah perut bisa menampung semua makanan yang ada. Padahal, saat berbuka, hanya makan satu porsi dan minum saja sudah mengenyangkan. 

Baca Juga: 10 Tips Menahan Emosi Saat Puasa

Akan tetapi, terkadang keinginan yang mendahului tampungan perut membuat kita tidak peduli dengan rasa kenyang yang sudah dirasakan. Alhasil, kekenyangan pun seringkali terjadi dan bisa membuat perut menjadi sakit. Oleh sebab itu, usahakan menjaga pola hidup sehat saat puasa salah satunya dengan mengetahui bagaimana cara menjaga pola makan saat puasa. Sebenarnya, apa sih pentingnya menjaga pola hidup sehat saat puasa?

Pentingnya Menjalankan Pola Hidup Sehat saat Berpuasa

Memiliki kondisi tubuh yang sehat tentu menjadi impian setiap orang. Akan tetapi, dalam praktiknya, terkadang orang-orang justru melakukan hal-hal yang memicu datangnya penyakit pada tubuh. Bahkan, banyak pula yang tidak sadar bahwa apa yang sedang ia lakukan merupakan kegiatan yang kurang baik bagi kesehatan.

Itulah sebabnya sangat penting bagi kita mengetahui pola hidup sehat dan menjalankannya. Termasuk menjalankan pola hidup sehat saat berpuasa sehingga selain membuat tubuh tetap bugar, juga dapat memperlancar ibadah puasa yang sedang dijalankan. 

Saat berpuasa, salah satu pola hidup sehat yang harus dilakukan adalah dengan mempraktekkan bagaimana cara menjaga pola makan saat puasa. Kenapa demikian? Hal tersebut sangat penting sebab masuknya makanan ke dalam tubuh merupakan salah satu penentu terpenuhi atau tidaknya asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Jika salah makan, bukannya sehat yang didapat, melainkan sakit yang diperoleh. Oleh sebab itu, pola hidup sehat tidak hanya harus dilakukan di bulan-bulan biasa saja. Melainkan di bulan suci Ramadhan pun kita tidak boleh mengabaikan pola hidup sehat demi kesehatan tubuh masing-masing.

Berbicara mengenai pola hidup sehat, lantas bagaimana caranya kita menjalankan pola hidup sehat saat berpuasa? Yuk simak pembahasannya di bawah ini supaya kita tidak salah langkah dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

8 Tips Pola Hidup Sehat saat Puasa

1. Jangan abaikan makan sahur

Tetap Sahur - Pola Hidup Sehat

Kebanyakan orang menganggap bahwa ketika malas bangun sahur, maka tidak ikut makan sahur tidak menjadi suatu masalah. Meskipun pada saat itu tidak merasa lapar, tetapi tetap saja bahwa makan sahur tidak boleh diabaikan. Terlebih dalam hal ini makan sahur diibaratkan sebagai sarapan di pagi hari. 

Di mana terdapat istilah lebih baik tidak makan siang daripada tidak makan pagi yang akan memberikan energi selama satu hari. Dengan demikian, untuk menjaga stamina dan kesehatan selama berpuasa, jangan sekali-kali mengabaikan sahur ya. Terlebih makan di waktu sahur masuk sebagai salah satu cara menjaga pola makan saat puasa.

2. Batasi aktivitas fisik yang terlalu berat

Capek - Pola Hidup Sehat

Salah satu hal yang harus dihindari seseorang saat berpuasa adalah terlalu capek atau lelah. Oleh sebab itu, supaya hal tersebut terwujud, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membatasi aktifitas fisik yang terlalu berat. Kenapa? Sebab salah satu penyebab lelahnya seseorang adalah dengan terlalu sering melakukan aktivitas berat. 

3. Olahraga ringan di malam hari

Olahraga Malam - Pola Hidup Sehat

Selanjutnya, pola hidup sehat saat berpuasa yang juga direkomendasikan untuk dilakukan adalah dengan berolahraga ringan di malam hari. Supaya tidak membosankan, olahraga ringan bisa dilakukan dengan mengajak keluarga atau teman. Selain itu, lakukan olahraga ringan seperti lari kecil sekitar rumah atau peregangan dan senam usai sholat tarawih dan tadarus.

4. Hindari konsumsi makanan berminyak

Gorengan - Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat saat puasa selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan berminyak. Meskipun terkadang menu buka dan sahur tidak terlepas dari makanan berminyak, paling tidak jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak. 

Tips satu ini juga akan mendukung sara menjaga pola makan saat puasa yang sehat dan tidak menimbulkan naiknya berat badan yang signifikan. Jadi, selain menyehatkan, mengonsumsi makanan yang tidak mengandung minyak juga cocok bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

5. Perhatikan jam istirahat yang teratur

Istirahat - Pola Hidup Sehat

Selain beberapa tips di atas, terdapat tips pola hidup sehat lain saat puasa yakni menjaga jam istirahat. Apapun alasannya, banyak acara, pekerjaan, maupun agenda lainnya, tetap saja bahwa untuk menjaga kesehatan maka seseorang juga harus menjaga jam istirahatnya. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah menghindari begadang, atau bahkan menghindari tidur yang terlalu lama. Jadi, istirahat secukupnya untuk kesehatan tubuh yang terjaga saat berpuasa.

6. Perbanyak minum air putih

Perbanyak Minum Air Putih - Pola Hidup Sehat

Air putih sangat dibutuhkan tubuh sebab kandungan yang ada di dalamnya dapat mencegah dehidrasi. Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tentu dehidrasi menjadi salah satu ancaman terbesar jika kita tidak pandai-pandai dalam mencegahnya. Dehidrasi dapat membuat tubuh terasa lemas, konsentrasi menurun, bahkan haus yang cukup akut. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan perbanyak minum air putih saat berbuka, sebelum tarawih, sesudah tarawih, sebelum tidur, dan saat masuk waktu sahur.

7. Berbuka dengan makanan bergizi

Makanan Bergizi - Pola Hidup Sehat

Cara menjaga pola makan saat puasa yang sekaligus menjadi tips dari pola hidup sehat adalah dengan makan makanan bergizi saat masuk waktu berbuka puasa. Menu yang bergizi dapat berupa menu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan serat. Seperti nasi, daging, buah-buahan, atau sayuran. Makanan tersebut dapat diolah menjadi olahan makanan lezat ala rumahan yang tentunya enak serta menyehatkan.

8. Sahur dengan makanan bergizi

Sahur Dengan Bergizi - Pola Hidup Sehat

Selain mengonsumsi makanan bergizi saat masuk waktu berbuka puasa, makan di waktu sahur juga harus dengan menu makanan bergizi. Hal ini guna memberikan nutrisi cukup dan tepat pada saat menjalankan ibadah puasa. Dengan asupan nutrisi yang baik, maka stamina di dalam tubuh juga terjaga dengan baik. 

Kondisi ini membuat berpuasa selama satu bulan penuh bukan menjadi ibadah yang dianggap berat lagi. Bahkan, kesehatan pun turut terjaga dengan baik. Itulah fungsinya kita mengetahui cara menjaga pola makan saat puasa melalui tips pola hidup sehat saat berpuasa.

Cara Menjaga Pola Makan saat Puasa

Cara Menjaga Pola Makan - Pola Hidup Sehat

Nah, tiba saatnya kita beralih pada pembahasan selanjutnya. Yakni berkaitan dengan bagaimana cara kita menjaga pola makan yang sehat saat berpuasa. Meskipun kita berada pada fase makan hanya saat masuk waktu berbuka sampai waktu sahur, tetapi bukan berarti kita tidak bisa menjaga pola makan sehat. Saat berpuasa, kita masih tetap bisa menjalankan pola makan sehat dengan cara tidak mengabaikan aturan makan saat berbuka dan sahur.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa salah satu tips pola hidup sehat yang masuk ke dalam topik pembahasan cara menjaga pola makan saat puasa adalah dengan tidak mengabaikan sahur, buka secukupnya, makan makanan yang bergizi, dan perbanyak minum air putih. Hal tersebut bukanlah suatu ajakan yang sulit. 

Sebab, kita bisa melakukannya dengan mudah jika bersedia konsisten menjalankan pola hidup sehat. Selain itu, banyak bahan makanan di sekitar kita yang baik untuk kesehatan. Seperti buah-buahan yang mudah dijumpai di toko buah atau penjual buah di sekitar jalan, bahan sembako di toko sembako, serta sayur-sayuran yang banyak tersedia di pasar atau supermarket.

Supaya lebih hemat, kita juga bisa mempersiapkan bahan makanan vegetarian sendiri dengan cara menanam sayur dan buah sendiri. Selanjutnya, tinggal bagaimana kita bisa menjaga waktu makan yang baik dan tidak mengabaikannya seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

Yakni konsumsi buka tepat waktu dan secukupnya, serta jangan mengabaikan makan sahur dengan tidak memberi asupan ke dalam tubuh saat sahur. Sebab, waktu yang diperbolehkan makan saat kita berada di bulan puasa harus dimanfaatkan sebaik mungkin supaya pola makan sehat tetap terjaga.

Lantas, bagaimana dengan makan cemilan yang biasanya diinginkan ketika selesai berbuka? Hindari makan cemilan yang kurang sehat. Ganti dengan cemilan sehat seperti salad, pudding, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pola makan sehat yang diperjuangkan saat bulan Ramadhan akan menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Beberapa Startup Indonesia yang Sukses

Itulah 8 tips pola hidup sehat dan cara menjaga pola makan saat puasa yang sangat perlu untuk diketahui bagi umat muslim, supaya ibadah puasa yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan tentunya untuk menjaga kesehatan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup