Gaya HidupInspirasiKesehatan

8 Tips Agar Puasa Lancar dari Perspektif Kesehatan

Dalam menjalankan ibadah puasa, tentu kamu memerlukan tips agar puasa lancar dan terhindar dari berbagai godaan yang dapat membatalkan puasa. Pada dasarnya, hal-hal yang membuat puasa menjadi terganggu bukan hanya karena rasa lapar dan haus, tetapi juga kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana tips  agar puasa lancar.

Baca Juga: Tips Pola Hidup Sehat dan Cara Menjaga Pola Makan saat Puasa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Sehat dan Kuat - Tips Agar Lancar Puasa

Semua orang pasti tahu bahwa puasa merupakan kegiatan ibadah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa tips agar puasa lancar dan manfaat yang bisa dirasakan jika dilihat dari kacamata medis diantaranya sebagai berikut:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Dikutip dari buku Hidup Sehat dan Bahagia dalam Perspektif Tasawuf (2019:62), puasa jika ditinjau dari perspektif medis dapat memperbaiki sistem pencernaan, membersihkan tubuh dari endapan dan sisa-sisa makanan serta mengurangi kelebihan lemak pada perut.

Apapun penamaan dan pelaksanaan puasa, jika dilakukan dengan niat yang tulus—maka puasa akan tetap berjalan dengan lancar. Bahkan, dunia medis telah membuktikan bahwa puasa dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh, terutama pada sistem pencernaan.

2. Alternatif Detoksifikasi

Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh kita terdapat parasit-parasit yang menumpang untuk hidup, tidak terkecuali menumpang makan dan minum. Dengan berhenti makan selama lebih dari 10 jam, maka berbagai kuman, bakteri dan sel kanker tidak akan mampu bertahan hidup di dalam tubuh. 

Mereka yang mati akan keluar melalui cairan tubuh bersamaan dengan sel-sel rusak dan toksin. Berdasarkan hal tersebut, kita dapat mengetahui bahwa manfaat puasa sangatlah dahsyat dari segi kesehatan.

3. Baik untuk Kesehatan Mental

Bukan hanya dari segi pencernaan, manfaat puasa juga berdampak baik pada kesehatan jiwa dan mental kamu. Dengan berpuasa, maka kamu dapat meningkatkan rasa simpati untuk ikut merasakan penderitaan orang lain karena menahan lapar dan haus. Hal ini tentunya dapat meningkatkan hubungan sosial menjadi lebih humanis dan dermawan.

Puasa secara tidak langsung juga dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini karena selama berpuasa, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas positif, sehingga dapat mengubah suasana hati menjadi lebih tenang, tentram dan damai. Dengan begitu, berpuasa di bulan ramadhan dapat memberikan efek positif bagi kondisi psikologis kamu.

Tidak Semua Orang Dapat Menjalankan Puasa

Walaupun ada segudang manfaat yang bisa diperoleh dari berpuasa, nyatanya tidak semua orang mampu melakukan kegiatan ibadah tersebut. Hal ini tergantung dari kondisi medis pada masing-masing individu yang menjalankan ibadah puasa.

Umumnya, ada beberapa golongan orang yang tidak direkomendasikan untuk menjalankan puasa. Hal ini berkaitan dengan kondisi kesehatan yang kurang memadai. Adapun beberapa golongan tersebut diantaranya yaitu

  • Orang dengan kesehatan fisik tertentu, seperti tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal kronis ataupun diabetes.
  • Orang-orang yang mempunyai masalah dengan gula darahnya.
  • Wanita yang sedang hamil ataupun menyusui.
  • Orang yang sakit lambung.
  • Orang yang baru sembuh dari infeksi tertentu atau pasca operasi.

Meskipun tidak dianjurkan berpuasa, akan tetapi ada pula golongan orang-orang tersebut yang tetap dapat berpuasa dengan lancar terlepas dengan kondisi medis yang dimilikinya. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana orang tersebut menerapkan tips agar puasa lancar hingga waktu berbuka tiba. 

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kriteria fisik yang telah disebutkan di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis terkait boleh tidaknya kamu menjalankan puasa.

Tips Agar Puasa Lancar

Selain dari aspek spiritualitas, hal yang perlu diperhatikan dalam berpuasa yaitu dari aspek kesehatan dan stamina tubuh. Pasalnya, setiap makanan yang dikonsumsi dan waktu tidur yang diluangkan akan berpengaruh terhadap kualitas puasa kamu. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan tips agar puasa lancar hingga waktu berbuka puasa tiba. Adapun beberapa tips yang dapat diterapkan diantaranya sebagai berikut:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makan-makanan Berigizi - Tips Agar Puasa Lancar

Salah satu tips agar puasa lancar hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi puasa ramadhan yaitu dengan mengkonsumsi makan makanan bergizi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika berbuka puasa yaitu jenis makanan yang dapat membantu tubuh dalam beradaptasi dengan makanan dan menyuplai energi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya seperti kurma, madu asli, ikan, minyak zaitun dan lain-lain.

Selain itu, penuhi juga asupan tubuh dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks dan kaya akan serat. Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, maka kesehatan akan terjaga dan stamina dapat tetap terkontrol.

2. Hindari Makanan yang Kurang Sehat

Hindari Makanan Kurang Sehat - Tips Agar Puasa Lancar

Bagi kamu yang sedang berpuasa, mengkonsumsi makanan berkolesterol, terlalu manis atau terlalu manis dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh. Selain dapat menaikkan berat badans ecara drastis, mengonsumsi makanan yang demikian dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas dan lapar. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu manis, berkolesterol tinggi dan kandungan garam tinggi ketika sahur ataupun berbuka.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum - Tips Agar Puasa Lancar

Tips agar puasa lancar yang berikutnya yaitu dengan banyak minum air putih ketika berbuka, sahur dan di malam hari. Ayi Yunus dalam bukunya berjudul Ajaibnya Puasa: Fasting is Amazing (2006: 127) menjelaskan bahwa minum air putih yang cukup dapat mencegah terjadinya kekurangan pada tubuh (dehidrasi).

Perlu diingat, air putih tidak akan bisa digantikan oleh minuman lain seperti teh, kopi atau bahkan minuman kemasan. Minum air putih dapat membersihkan berbagai racun yang ada di tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, maka kamu tidak akan mudah merasa haus dan letih selama berpuasa.

4. Perhatikan Jadwal Sahur

Menjaga Pola Makan saat Puasa - Tips Agar Puasa Lancar

Tips agar puasa lancar yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jadwal sahur. Makan sahur dapat membantu kamu untuk memiliki tenaga dan dapat hingga waktu magrib. Pastikan agar kamu dapat sahur di waktu yang tepat dan memadai agar tidak tergesa-gesa.

Jika tergesa-gesa dalam makan sahur, maka pencernaan dapat terganggu dan mempengaruhi kebugaran dalam berpuasa. Oleh karena itu, pastikan agar kamu mengatur jadwal sahur sebelum tidur agar puasa dapat berjalan lancar.

5. Kelola Waktu Tidur

Atur Pola Tidur - Tips Agar Puasa Lancar

Tips agar puasa lancar selanjutnya yaitu dengan mengelola waktu tidur. Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan seharian dan hanya berada di kasur. Tidur ketika berpuasa memang mendapatkan pahala, akan tetapi menjalankan aktivitas dan kesibukan akan jauh mendatangkan pahala yang besar. Ketika malam hari, pastikan agar kamu tidak tidur larut malam karena harus bangun sebelum subuh untuk sahur.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga Ringan - Tips Agar Puasa Lancar

Untuk tips agar puasa lancar mengisi waktu menjelang berbuka, kamu bisa melakukan aktivitas olahraga ringan, misalnya dengan jalan-jalan di taman, bersepeda ataupun jogging di lingkungan rumah. Meskipun puasa, bukan berarti kamu berhenti melakukan aktivitas kebugaran karena tubuh harus tetap bergerak agar peredaran darah lancar.

Tentunya, kamu tidak harus melakukan olahraga berat yang dapat menguras tenaga dan menimbulkan haus dan lapar. Cukup dengan gerakan-gerakan kecil yang ringan, kamu sudah termasuk melakukan olahraga yang bermanfaat untuk tubuh.

7. Hindari Hal-hal yang Memicu Stres

Berpikir Positif - Tips Agar Puasa Lancar

Tips agar puasa lancar yang berikutnya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat kamu stres selama berpuasa. Jangan sampai ibadahmu menjadi terganggu karena memikirkan sesuatu yang sebetulnya dapat diatasi dengan kepala dingin.

Jika sampai terkena stres, maka puasa kamu bisa batal karena stres akan memicu hormon negatif dalam tubuh kamu. Oleh karena itu, sebaiknya bulan puasa ini dijadikan sebagai upaya menahan diri dari luapan emosi yang berlebihan.

8. Tetap produktif

Tetap Produktif - Tips Agar Puasa Lancar

Puasa bukanlah sebuah halangan untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk rutinitas sehari-hari. Puasa harus dimaknai sebagai upaya menahan diri tanpa harus mengorbankan aktivitas yang biasa kamu lakukan. 

Oleh karena itu, tips agar puasa lancar kamu bisa tetap bekerja, belajar atau melakukan segala sesuatu yang kamu suka. Hal yang terpenting adalah selama berpuasa, kamu mengisi waktu dengan kegiatan yang positif.

Baca Juga: 10 Tips Menahan Emosi Saat Puasa

Demikianlah penjelasan mengenai tips agar puasa lancar dari perspektif kesehatan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memperluas wawasan kamu terkait cara menjalankan puasa dengan baik dan benar sesuai kacamata medis. Dengan begitu, maka puasa yang kamu jalankan tetap lancar dan terhindar dari hal-hal yang berpotensi membatalkan puasa.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup