Kecantikan

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi – Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kantung mata menjadi lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Ini dapat menyebabkan kamu menjadi tampak lebih tua dan menjadi kurang percaya diri. Tetapi, kadang-kadang mata panda tetap bisa muncul walaupun sudah tidur dengan durasi yang cukup lama.

Baca Juga: Daftar Lipstik Murah Tapi Tidak Murahan

Selain kurang tidur juga masih banyak hal yang menjadi penyebab kantung mata menjadi lingkaran hitam. Semua orang pasti pernah mengalami mata panda yang dapat mengganggu penampilan kamu. Dengan begitu, kamu harus mengatur waktu jam tidur kamu yang konsisten. Karena dengan begitu kamu akan kembali fresh dan kembali percaya diri.

Berikut 9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi:

1. Kurang tidur atau pola tidur yang buruk

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

Ini menjadi salah satu penyebab mata panda yang dapat terjadi yaitu kurang tidur atau pola tidur yang buruk. Dengan kamu yang kurang tidur, ini dapat menyebabkan wajah kamu menjadi kusam dan juga pucat. Yang mengakibatkan jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit menjadi terlihat.

Dengan kurangnya tidur, juga dapat mengakibatkan penumpukan cairan yang ada di bawah mata. Sehingga area mata yang tadinya terlihat biasa saja menjadi lebih gelap atau hitam, dan dapat di area mata akan terlihat bengkak. Jadi, sangatlah penting untuk menjaga pola tidur kamu yang tidak beraturan itu.

2. Mata lelah

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

Mata yang lelah juga menjadi salah satu penyebab mata panda menjadi hitam yang tampak. Salah satu contohnya yaitu, kamu terlalu lama menatap televisi, layar komputer atau laptop, dan juga gawai dalam waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan tegangnya pada mata. Dengan ketegangan inilah yang menjadi salah satu pembuluh darah di area mata membesar.

3. Terlalu sering terkena sinar matahari atau berlebihan

Terlalu sering terkena sinar matahari juga termasuk dari penyebab mata panda. Hal ini dikarenakan bahwa matahari dapat merangsang tubuh memproduksi melanin, yaitu zat pigmen pewarna pada kulit kita, yang mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap.

Kulit yang terkena sinar matahari yang akan merangsang pemecah kolagen, dapat membuat kulit kita menjadi lebih tipis juga. Selain itu, jika terlalu sering terkena sinar matahari juga akan menimbulkan pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan mata panda.

4. Usia

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

Apa kamu sering memperhatikan ke orang tua? yang kantung matanya biasanya sangat terlihat ada lingkaran hitam. Memang usia dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami mata panda. Hal tersebut dikarenakan bertambahnya usia seseorang akan mengalami penipisan kulit.

Tidak hanya itu, bahwa penurunan produksi lemak dan kolagen yang ada di area sekitar mata juga bisa terjadi. Dengan kondisi ini tentunya yang dapat memperburuk kondisi lingkaran hitam yang ada di bawah mata ini menjadi terasa sangat mengganggu.

5. Hiperpigmentasi dan penipisan kulit

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

Ini juga menjadi salah satu penyebab mata panda yang membuat kantung mata menjadi ada lingkaran hitam. Hiperpigmentasi ini suatu kondisi ketika tubuh kita telah memproduksi lebih banyak melanin. Yang mengakibatkan kulit kita yang akan menjadi lebih gelap juga.

Selain itu, penipisan pada kulit mata juga akan terjadi yang menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih tampak nyata. Dengan begitu, kantung mata yang menjadi tidak dapat terhindarkan karena terjadinya penipisan kulit mata.

6. Alergi

Dengan reaksi alergi dan mata kering juga menjadi salah satu pemicu munculnya penyebab mata panda pada bawah mata. Pada saat alami reaksi alergi, tubuh juga akan melepaskan histamin sebagai respons bakteri terhadap zat yang terbilang berbahaya.

Histamin ini juga dapat menyebabkan gatal, kemerahan, pembengkakan, sampai pelebaran pembuluh darah yang akan muncul di area bawah mata. Alergi juga dapat meningkatkan risiko keinginan untuk menggaruk kulit kamu yang gatal pada sekitar mata. Tindakan begitu yang akan memperburuk gejala serta menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan juga pembuluh darah rusak..

Baca Juga: Cara Menabung untuk Membeli Rumah dengan Mudah

7. Retensi cairan

Dengan adanya retensi cairan atau bisa disebut dengan kelebihan cairan pada area mata juga menjadi salah satu penyebab mata panda. Hamil ini juga merupakan salah satu kondisi yang paling umum terjadi akibatnya retensi cairan. 

Selain itu, retensi cairan juga dapat diakibatkan dengan banyaknya mengkonsumsi garam, dengan begitu dapat ditandai bahwa dengan mengkonsumsi garam berlebih dapat meningkatnya berat badan.

8. Dehidrasi

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

Dehidrasi juga termasuk salah satu penyebab mata panda menjadi hitam. Dan ini sudah menjadi yang paling umum untuk penyebab mata panda. Pada saat tubuh tidak menerima jumlah air yang tidak tepat, tampilan pada kulit di area sekitar mata menjadi lebih kusam dan juga cekung.

9. Penyakit kulit

9 Penyebab mata panda yang dapat terjadi

Untuk penderita eksim, dermatitis atau penyakit-penyakit lainnya, biasanya akan mengalami gejala kulit meradang yang kronis. Peradangan ini yang dapat menimbulkan hiperpigmentasi penyebab mata panda sehingga munculnya lingkaran hitam di area mata. Dan dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering dan juga terkadang dapat menimbulkan rasa gatal.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan